Laporkan Masalah

ANALISIS STRATEGI BERSAING PADA APOTEK STUDI KASUS APOTEK AJWA FARMA BUMIAYU

EMMIE FATKHUNNAJAH, FUAD RAKHMAN, S.E., Ph.D., CA.

2016 | Tesis | S2 Manajemen

Pertumbuhan jumlah apotek yang mengalami peningkatan setiap tahunnya menuntut Apotek untuk terus berusaha mengembangkan strategi yang tepat untuk bersaing pada industri bagian dari kefarmasian ini. Apotek harus dapat mengembangkan keunggulan kompetitifnya untuk menciptakan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan dan bertumbuh. Dengan melihat pertimbangan keadaan persaingan apotek yang ada dan antisipasi tantangan mendatang maka Apotek Ajwa Farma Bumiayu harus membuat strategi untuk dapat mengembangkan keunggulan kompetitifnya. Strategi yang diimplementasikan Apotek Ajwa Farma Bumiayu kemudian dianalisis. Analisis manajemen terarah pada analisis lingkungan dan industri, yang merupakan faktor eksternal serta analisis internal berupa situasi perusahaan dan pemahaman strategi yang telah diterapkan oleh perusahaan yang memberikan dampak bagi penentuan alternatif strategi berikutnya. Dengan melakukan analisis lingkungan eksternal perusahaan meliputi lingkungan umum dan lingkungan persaingan industri serta melakukan analisis lingkungan internal kemudian sebagai hasil dari semua analisis akan dilakukan formulasi strategi.

The number of pharmacy businesses growing every year demand its business to continue developing appropriate strategies to compete in this industrial pharmacy business. Pharmacy business should be able to develop a competitive advantage, to create a sustainable its competitive advantage and growth. By considering of existing pharmacies competition and anticipation of the upcoming challenges, so Ajwa Farma Bumiayu Pharmacy must create strategies to develop its competitive advantage. The strategy implemented by Ajwa Farma Bumiayu Pharmacy are analyzed. The analysis focused on the environmental and industry which are the external factors. And internal analysis of the company's situation and strategy understanding that have been implemented by the company, which have an impact on the next strategy alternatives determination. By analyzing the external environment included general environment and competition environment of the industry and analyzing of internal environment, then the result of all the analysis will become strategy formulation .

Kata Kunci : apotek, strategi bersaing, lingkungan eksternal, internal, industri.

  1. S2-2016-341321-abstract.pdf  
  2. S2-2016-341321-bibliography.pdf  
  3. S2-2016-341321-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2016-341321-title.pdf