Laporkan Masalah

RENCANA BISNIS RESTORAN MAKANAN SEHAT GOODDISH!

GITA AYU ROSALINDA R, Ike Janita Dewi, Dr., M.B.A.

2016 | Tesis | S2 Manajemen

Rencana bisnis yang dipaparkan oleh penulis didalam tesis ini mengenai pembuatan restoran makanan sehat GoodDish!. Rencana bisnis ini bertujuan sebagai pedoman dalam pembuatan bisnis secara nyata. Panduan yang ada didalam tesis ini dapat menjadi salah satu pedoman untuk membangun bisnis dan dapat dijadikan sebagai penilaian untuk pengukuran kinerja. Rencana bisnis ini memiliki beberapa analisis, antara lain; analisis konsumen, analisis lingkungan, analisis pesaing, dan bauran pemasaran. Analisis-analisis tersebut dapat digunakan sebagai dasar untuk penilaian pasar ketika membangun bisnis. Bauran pemasaran dapat dijadikan pedoman untuk menjalankan bisnis ini. Setiap analisis dibahas secara lengkap. Untuk analisis lingkungan, penilaian dilakukan dari sisi ekonomi, politik dan regulasi, budaya, serta sosial dan teknologi. Analisis konsumen menggunakan teori segmentasi, targeting, dan positioning. Analisis pesaing menggunakan strategi generik porter, lima kekuatan porter, dan SWOT. Selanjutnya, untuk bauran pemasaran, penulis menggunakan strategi 7P yaitu product, price, place, promotion, people, process, physical evidence. Penilaian kelayakan sebuah rencana bisnis tidak hanya dinilai dari strategi yang akan digunakan tetapi juga dinilai dan memperhitungkan secara finansial sehingga dapat memberikan keuntungan bagi pemiliknya. Penilaian kelayakan bisnis dinilai menggunakan net present value dan payback period. Dimana npv digunakan untuk melihat apakah bisnis ini layak dijalankan atau tidak sedangkan payback period memperhitungkan berapa lama modal awal akan kembali. Menurut penilaian finansial, rencana bisnis restoran makanan sehat GoodDish! layak untuk dijalankan. Dilihat dari nilai net present value yang positif dan waktu modal kembali yang kurang dari 5 tahun.

Business plans which described by author in this thesis is about making healthy food restaurant GoodDish!. The business plan is intended as one of guidelines in making business in real life. The guidelines in this thesis can be used as one of references to establish a business and also can be used to measure work performance. This business plan has some analysis, such as; consumer analysis, environmental analysis, competitor analysis and marketing mix. All of analysis can be used as a basis to assess market in when we build business. The marketing mix can be used as a reference for running the business. Each analysis is described in detail. Measurement of Environmental analysis is based on Economic, political and regulatory, cultural, and social activities and technology. Analysis of consumers is using the theory of segmentation, targeting and positioning. Competitor analysis is using generic strategies, five forces porters and SWOT. Furthermore, for marketing mix, author use 7P strategies, consist of product, price, place, promotion, people, process, physical evidence. The feasibility of business plan is not only scored from what strategies that we applied but also calculated from financial aspect whereas give benefits to the owners. To ensure the business feasibility we can use net present value and payback period methods. Where NPV is used to determine the business can run or not, while the payback period is calculating the number of time to get the initial capital returned. According to the financial assessment, business plan of GoodDish! A healthy food restaurant is feasible. Judging from the value of the net present value is positive and initial modal can return less than 5 years.

Kata Kunci : Business plan,segmenting,targeting,positioning,net present value,payback period,consumer analysis,external analysis,competitor analysis