Laporkan Masalah

REDESAIN STASIUN SOLO BALAPAN RUANG PUBIK SEBAGAI LANDMARK KOTA

MUHAMAD ARIEF I, Dyah Titisari Widyastuti., ST., MUDD

2015 | Skripsi | S1 ARSITEKTUR

Stasiun Solo Balapan merupakan stasiun utama dan termasuk stasiun besar di Indonesia. Stasiun yang dibanguan pada masa Mangkunegaran IV ini menjadi stasiun berpengaruh besar pada masanya. Mulai dari sektor perdagangan hingga hubungan diplomatik dengan luar wilayah mampu terhubung secara baik setelah pembangunannya. Perannya yang cukup besar terhadap kota Surakarta dan kota sekelilingnya menjadikan Stasiun Solo Balapan sebagai pusat dan jantung aktivitas masyarakat. Keberadaan stasiun dan peran stasiun yang cukup besar menjadikannya suatu tempat acuan dan ciri khas dari kawasan sekitar stasiun. Penetapan Stasiun Solo Balapan sebagai citra kawasan mampu bertahan hingga saat ini. Peran stasiun sebagai titik acuan dan pusat aktivitas menjadikan Stasiun Solo Balapan sebagai salah satu landmark Kota Solo. Citra khas dari Stasiun Solo Balapan mampu dikenal hingga diluar wilayah Kota Solo. Banyak cerita hingga lagu yang menggambarkan peran Stasiun Solo Balapan terhadap kota. Tak heran bahwa Stasiun Solo Balapan menjadi ciri khas Kota Solo. Seiring berjalannya waktu peran serta pengembangan Stasiun Solo Balapan terfokus hanya untuk sektor transportasi dan bisnis semata. Ciri khas dan citra dari Stasiun Solo Balapan yang dulu perlahan hilang dan digantikan dengan fungsi fungsi komersil yang lebih menguntungkan. Pengembangan bangunan pun cenderung tidak memperhatikan interaksi aktivitas sekitar kawasan. Hal ini berpengaruh pada pemadatan aktivitas yang tidak teratur. Perlu adanya pengembangan serta pengolahan ulang bangunan sehingga stasiun mampu berperan maksimal bagi aktivitas kota. Selain perlu pengembangan fisik dalam menampung kapasitas penumpang yang semakin meningkat, perlu pengembangan serta pengolahan bangunan dari segi fasad dan estetika bangunan. Pengolahan ini dimaksudkan untuk mengembalikan kembali karakter khas dari Stasiun Solo Balapan yang dulu. Karakter yang kuat serta pengaruh citra yang pula, sehingga peran stasiun sebagai landmark kota mampu kembali secara kuat.

Solo Balapan station is not only the major train station in City of Surakarta but also in Indonesia. The train station which was constructed during the era of Mangkunegaran IV became one of the most things at that era. Economy and Diplomatic relationship between the City and its surrounding were improved by the existence of Solo Balapan train station. Taking the main role for supporting the city and its surounding to be developed changing the train station which has function as a transportation facility into the heart of the city which acomodate public needs as the center of community activities. All of that important aspects giving the train station a big opportunity to be a landmark and the representation of the city. The declaration of the Solo Balapan train station as a landmark/ representation of the city has been survived by giving the important needs of the city, main orientation and center of public activities. Solo Balapan train station has distinctive characteristics which is renowned into the other city and inspired local artist to create something about it e.g. songs, musics, and stories. Cultures that being the part of the city give the main role to form the story of Solo Balapan train station. These aspects explain how Solo Balapan become so important to the city. At the present time, Solo Balapan has turned its characteristic into something obscure which allowing more transport and business needs. Its distinctive characteristic which matched its surrounding by its importance for the people arround is getting lost and replacing by the new things that is more profitable. Development of this train station also weakened the impact of public activities on its development. Abandoning public needs of an interaction space contributes disorder centralization of activities in unappropriate spaces. Solo Balapan needs to have a new great planning to rebuild its characteristic and improve its function as a transportation facility and a landmark of Surakarta. Besides developing to accommodate transport and passenger needs which is increasing over time, building characteristic must be preserved and protected by redesign its facades and aesthetics which represent the characteristic of Solo Balapan. This processing is intended to reinstate the distinctive character of Solo Balapan train stations first to rebuild the role as a landmark of the city better than before.

Kata Kunci : STASIUN, SOLO BALAPAN, LANDMARK, CITRA, KAWASAN, RUANG PUBLIK, FASILITAS UMUM, INTERMODA, REDESAIN, CAGAR BUDAYA, SURAKARTA