Metode Pelaksanaan Flexible Pavement Pada Pelapisan dan Pelebaran Jalan Raya Wawar-Congot Lot 3 Kabupaten Purworejo
AULIA FATMA KARTIKA, Dr.Sc. Adhy Kurniawan, ST
2016 | Tugas Akhir | D3 TEKNIK SIPIL SVJalan Jalur Lintas Selatan adalah jalur yang sangat penting untuk menghubungkan beberapa kota disepanjang wilayah Pantai Selatan, jalur ini ramai digunakan masyarakat untuk bepergian menggunakan angkutan darat. Sayangnya, jalur ini terutama di daerah Purworejo mengalami kerusakan yang cukup parah, hal ini tentu mengganggu kenyamanan dan keselamatan pengendara. Maka dari itu Pelaksanaan Perkerasan Lentur ini sangat penting untuk memberi kenyamanan dan keamanan pengendara. Penulisan tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan perkerasan lentur demi menunjang sarana transportasi darat yang memadai sepanjang jalur lintas selatan. Pekerjaan perkerasan lentur dimulai dari pekerjaan umum, pembersihan dan pelebaran badan jalan, pengukuran, pemecah batu, pembuatan aspal beton, pekerjaan lapis pondasi bawah, pekerjaan lapis pondasi atas, pekerjaan lapis antara dan pekerjaan lapis permukaan.Struktur perkerasan sesudah perbaikan pelaksanaan perkerasan lentur untuk pondasi bawah t=30cm, pondasi atas t=15cm, lapis permukaan t=8cm, lapis aus t=5cm. Berdasarkan hasil pekerjaan perbaikan diatas, jalan Wawar-Congot akan kembali nyaman dan aman untuk dilintasi pengendara.
Southern Roads is very important for connecting several cities along the south coast region, this road was crowded allows people to travel using land transportation. Unfortunately, this road especially in Purworejo suffered severe damage and it will make the riders be not comfortable and safe. Therefor, this Flexible Pavement project is very important project to make the comfort and safe roads. This thesis aims to find out the implementation of flexible pavement to support a better highway transportation especially in the south coast region. This flexible pavement project is started with general works, land clearing and widening, measurement, stone crushers, asphalt concretes manufacture, subbase course, base course, binder course, and wearing course. Structure of pavement after improvement is subbase course t=30 cm, base course t=15 cm, binder course t=8 cm, wearing course t=5 cm. Based on the results above repair work, the road of Wawar-Congot has returned to be comfortable and safe for the riders.
Kata Kunci : Pelaksanaan, Perkerasan Lentur, Transportasi / Implementation, Flexible Pavement, Transportation.