RAGAM HIAS DI TAMANSARI YOGYAKARTA: KAJIAN ARKEOLOGI RUANG SKALA MESO
SAFITRI SETYOWATI, Sektiadi, S.S., M.Hum.
2016 | Skripsi | S1 ARKEOLOGIPenelitian ini membahas tentang ragam hias di Pesanggrahan Tamansari baik di bangunan maupun pada struktur bangunan. Penelitian ini didasari karena terdapat ragam hias yang bervariasi antara satu bangunan dengan bangunan yang lain sehingga menarik untuk diketahui keterkaitan antara ragam hias di Pesanggrahan Tamansari dengan pola tata ruang wilayah Tamansari yang dibagi menjadi tiga kelompok berdasarkan fungsi bangunan, yaitu Segaran, Jalur Gapura, dan Kompleks Taman Umbulsari. Ragam hias di Tamansari diklasifikasikan menjadi ragam hias bertipe untuk hiasan yang memiliki tipe tertentu dan hiasan sejenis yang memiliki satu jenis tipe. Ragam hias tipe antara lain hiasan bunga, sulur-suluran, burung, naga, kala, dan pilaster. Sementara itu ragam hias sejenis antara lain, yaitu, hiasan sirap, polut ikal, dan sayap. Hiasan-hiasan tersebut memiliki sebaran yang berbeda pada tiap-tiap bangunan atau struktur bangunan sehingga terlihat pola ragam hias baik di dalam bangunan maupun pola antarbangunan. Keterkaitan ragam hias di Tamansari dengan tiga kelompok bangunan tersebut memperlihatkan pola-pola, yaitu pola hiasan yang paling beragam dan paling minim, pola hiasan yang terdapat di semua tempat dan hiasan di tempat tertentu, pola hiasan makhluk bernyawa dan hiasan non makhluk bernyawa. Dari pola-pola tersebut dapat ditafsikan makna-makna tertentu, yaitu ragam hias bermakna profan publik, profan privat dan ragam hias bermakna sakral. Sementara itu metode yang digunakan dalam penelitian ini dibagi menjadi empat tahap yaitu tahap pengumpulan data melalui studi pustaka dan lapangan, tahap deskripsi dengan cara mengubah data menjadi bentuk deskriptif, tahap analisis artefaktual ragam hias dan sebaran, dan tahap interpretasi secara filosofis dan fungsional.
This research discusses about ornament in Pesanggrahan Tamansari, in case of the buildings and so the building structures. This research based by the variation of the building ornaments from a building to another, so it is interesting to know about the relationship between ornament varieties in Tamansari and the spatial patterns of Tamansari where is divided into three groups based on the function of the building, which Segaran, Jalur Gapura (Gapura's Street), and Taman Umbulsari's complex. Ornament varieties in Tamansari classified into ornament with types, which is have specific ornament types, and one type ornament, which is only have one type. Some kinds of ornament with types are flowers ornament, tendrils, birds, dragons, kala, and pilasters. Another type, which is one type ornament, consists of shingles ornaments, curl poluts, and wings. Those ornaments have different spreads on each building or the building structures, so the ornament varieties pattern on the buildings and so the pattern between the buildings can be looked. The ornament varieties relationship in Tamansari which are divided into three groups shows some patterns, such as most various ornaments and most minimum ornament patterns, ornament patterns that all over the buildings and ornaments which are located only in certain places, animate creatures ornament and non-animate creatures ornament patterns. These patterns can be interpreted in certain meanings, such as ornament varieties with public-profane meanings, private-profane meanings, and ornament varieties with sacred meanings. While the methods used in this research were divided into four phases: data collection stage through library and field, description stage by changing data into a descriptive form, artifacts analysis stage of ornament varieties and it spreads, and interpretation stage of the philosophical and functional.
Kata Kunci : ragam hias, Tamansari, pola ruang, makna