Laporkan Masalah

The Death Drives in Edgar Allan Poe's Antagonism Tales: A Psychoanalysis Study

HIDAYATUL NURJANAH, Muh. Arif Rokhman, M.Hum, Ph.D.

2016 | Tesis | S2 Pengkajian Amerika

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menjelaskan mengenai pemicu-pemicu kematian didalam karya-karya antagonis sastrawan Amerika yaitu Edgar Allan Poe. Penulis menerapkan teori psikoanalisa dari Lacan untuk menganalisa bentuk-bentuk pemicu kematian dan dampak-dampaknya terhadap karakter didalam cerita dengan menggunakan tiga tatanan imajiner, simbolik, dan nyata. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dalam menganalisa dan menerapkan pendekatan American Studies untuk mendapatkan hasil analisa yang lebih baik. Untuk mengumpulkan data, penulis menggunakan studi pustaka. Objek materi dari penelitian ini adalah semua cerita-cerita antagonis Edgar Allan Poe yang berjudul Metzengerstein, William Wilson, The Tell-Tale Heart, The Black Cat, The Imp of the Perverse, The Cask of Amontillado, and Hop-Frog. Data dari analisis ini berupa semua penampakan atan kemunculan tentang pemicu-pemicu kematian yang didapatkan melalui penerapan teori tiga tatanan simbolik yaitu imajiner, simbolik, dan nyata dan juga dampak-dampaknya terhadap karakter didalam cerita. Penemuan pertama menunjukkan bahwa terdapat empat bentuk pemicu-pemicu kematian yang ditemukan didalam cerita-cerita antagonis Edgar Allan Poe menggunakan teori Lacan tentang tiga tatanan simbolik. Keempat bentuk itu yaitu pemicu kematian dalam bentuk pengingkaran diri, repetitis, sublimasi, dan tatapan. Proses pengingkaran diri pada mulanya berawal dari proses pengenalan dalam fase cermin yang menciptakan keadaan kekurangan sebagai akibat pemisahan atau kastrasi dari tatanan simbolik. Proses repetisi dari tatanan simbolik memicu kematian bagi subjek untuk kekontinuitasan kastrasi dari tatanan simbolik. Proses sublimasi memberikan ilusi kepada subjek yang atas kelengkapan dari objek pencariannya. Proses Tatapan memberikan kesan yang jahat kepada subjek yang berpendapat bahwa seolah-olah penderitaan yang dia alami merupakan suatu bentuk kenikmatan dari orang lain atau tatanan simbolik yang kemudian mengarahkan sang subjek kepada pemicu kematian. Penemuan kedua memperlihatkan tentang bagaimana pemicu-pemicu kematian diatas membawa dampak bagi karakter didialam cerita-cerita antagonis tersebut. Dengan menemukan keempat bentuk pemicu kematian menggunakan teori tiga tatanan imajiner, simbolik, dan Nyata dari Lacan, maka disini ditemukan tiga karakter sebagai dampaknya, yaitu agresif, penghancuran diri sendiri, dan sadisme didalam cerita-cerita tersebut. Cerita-cerita antagonis Edgar Allan Poe mendeskripsikan tentang bentuk-bentuk pemicu kematian menggunakan teori tiga tatanan dari Lacan yaitu imajiner, simbolik, dan Nyata.

This study aims at identifying and describing about the the forms death drives in Edgar Allan Poe's antagonism tales. The researcher applies Lacan's psychoanalysis theory to explore the forms of death drives and their impacts to the characters inside the stories by employing three orders of Imagery, Symbolic, and Real. This study employs qualitative research as the method of analysis and American Studies as the approach of the research to get better analysis. To collect the data, the researcher uses library research. The objects material of this research are all the antagonism tales from Edgar Allan Poe, they are metzengerstein, william wilson, the tell-tale heart, the black cat, the imp of the perverse, the Cask of Amontillado, and Hop-Frog. The data of this analysis is based on the occurrences of death drives towards the employment of three orders of Imagery, Symbolic, and Real and the impacts of the death drives toward the characters inside the stories. The first finding shows that there are four forms of death drives found in the tales using Lacan's three orders; they are death drives in the forms of self-denial, repetition, sublimation, and the gaze. The narcissism in the very first process of recognition in mirror stage creates lack for the symbolic castration. The repetition from symbolic order creates death for the subject for the continuity castration from the symbolic order. The sublimation gives the illusion for the subject for its completion with its object a petit. The gaze gives the uncanny look for the subject for having such lack condition where it is believed that the symbolic order having pleasure with the subject condition which will lead to the death drive. The second findings shows how the death drives bring impacts to the characters inside the antagonism tales. By finding the four forms of death drives using Lacan's three orders, here can be found that those four drives cause aggressive, self-destructive, and sadistic characters inside the antagonism tales as the manifestation of three orders of Imagery, Symbolic, and the Real.

Kata Kunci : Death Drive, Three orders, Imagery, Symbolic, the Real