STRATEGI PEMASARAN PHIA DEVA MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT
OKTAVELLA DINARISKA , Dr. Atris Suyantohadi, S.T.P., M.T.
2016 | Tugas Akhir | D3 AGROINDUSTRI SVPhia Deva merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang Agroindustri. Phia Deva memproduksi kue phia berisikan macam-macam rasa. Dalam bisnis ini terlibat bagian pemasaran yang memilih strategi pemasaran hanya pada strategi produk dan strategi distribusi. Sektor dari pemasaran Phia Deva seharusnya lebih memperkuat strategi yang harus diperkuat seperti strategi harga, strategi promosi dan pemilihan pasar. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun posisi strategi pemasaran Phia Deva dan mengetahui strategi pemasaran yang tepat untuk Phia Deva. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk memperoleh dan mengumpulkan informasi mengenai lingkungan eksternal dan internal perusahaan dengan menggunakan analisis SWOT. Berdasarkan Matriks Internal-Eksternal, Phia Deva berada di sel 1 yaitu Growth Strategy. Setelah melakukan perhitungan tabel IFAS dan EFAS yaitu mendapat skor 3,256 dan 3,141 maka yang dapat dilakukan oleh Phia Deva adalah meminimalkan biaya produksi, karena posisi ini merupakan posisi yang dipengaruhi oleh sama kuatnya antara faktor internal dan eksternal. Hasil strategi pemasaran dari penelitian yang didapat berdasarkan analisis SWOT yaitu, (1)Memberikan potongan harga untuk pembelian dalam partai besar, agar menarik konsumen kembali untuk membeli produk, (2)Memperbaiki kemasan dengan berbagai varian sesuai macam rasa yang dimiliki, (3)Meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk
Phia Deva is one of factories that work in the Agroindustry area. It Produces Phia cake with various flavors. In marketing section, it choosed only for product and distribution strategy. The sector of Phia Deva’s marketing, it should be strengthen what should be strengthened, for example price, promotion, and marketing strategy. The aim of his reasearch is for arranging the marketing strategy position of Phia Deva and knowing the appropriate marketing strategy for Phia Deva. This research used qualitative approach to obtain and collect some informations about external and internal environment of the factory through SWOT analysis. Based on Internal-external matrix, Phia Deva stands in the first cell, that is Grwoth strategy. After calculating IFAS and EFAS which got 3,256 and 3,141 score, so that should be done by Phia Deva is to minimize the production cost because in this position is a position that influence of internal and external factor. The result of marketing strategy from the research that is obtained based on the SWOT analysis are (1) Giving discount for puchase in large quantities, so it will make the costumers interseting to buy the products, (2) Improving the packaging based on the flavor, (3) increasing the customer trusting to the product.
Kata Kunci : strategi pemasaran dan analisis SWOT/ Marketing strategy and SWOT analysis