Laporkan Masalah

Peran Badan Pendidikan dan Pelatihan 9DIKLAT) Departemen Dalam Negeri (DEPDAGRI) dalam pembinaan pendidikan dan pelatihan di era otonomi daerah

PUDJADIE, Gatot Imam, Prof.Dr. Miftah Thoha

2003 | Tesis | Magister Administrasi Publik

Badan Pendidikan dan Pelatihan Departemen Dalam Negeri merupakan organisasi publik yang mempunyai tugas membina kegiatan pendidikan dan pelatihan di bidang pemerintahan dalam negeri dan otonomi daerah. Untuk terlaksananya tugas tersebut, Badan Pendidikan dan Pelatihan Departemen Dalam Negeri terus berupaya meningkatkan kapasitas organisasinya melalui pembenahan terhadap aspek struktur organisasinya, sistem-sistem yang ada di dalam organisasi serta pembenahan terhadap sumberdaya aparatur (pegawai) yang tersedia. Setelah diberlakukannya otonomi daerah yang luas di Daerah Kabupaten/Kota serta kewenangan otonomi terbatas pada Daerah Prompinsi, maka sebagian kewenangan dalam pembinaan kegiatan pendidikan dan pelatihan di bidang pemerintahan dalam negeri dan otonomi daerah, telah beralih ke Pemerintah Daerah. Dengan demikian, akibatnya frekuensi pelaksanaan kegiatan pendidikan dan pelatihan di bidang pemerintahan dalam negeri dan otonomi daerah yang selama ini dilakukan oleh Badan Pendidikan dan Pelatihan Departemen Dalam Negeri, melalui Pusat-pusat Pendidikan dan Pelatihan yang ada menjadi semakin berkurang. Berdasarkan penelitian terhadap pembinaan pendidikan dan pelatihan bidang pemerintahan dalam negeri dan otonomi daerah pada Badan Pendidikan dan Pelatihan Departemen Dalam Negeri selama tahun 1999 sampai dengan tahun 2001, khususnya terhadap kegiatan Pusatpusat Pendidikan dan Pelatihan Manajemen Pemerintahan, Pusdiklat Teknis, Pusdiklat Fungsional, Pusdiklat Kepemimpinan serta Pusdiklat Pembangunan dan Kependudukan, maka diketahui bahwa secara umum pembinaan kegiatan pendidikan dan pelatihan tersebut belum berjalan secara optimal, baik dari sisi kualitas kegiatan maupun kuantitas pembinaan kegiatan pendidikan dan pelatihan. Dari hasil penelitian tersebut, dapat diketahui bahwa peran Badan Pendidikan dan Pelatihan Departemen Dalam Negeri, dilihat dari struktur organisasi, pembinaan sistem-sistem kerja di dalam organisasi serta keberadaan aparatur (pegawai), secara legal formal memang masih dibutuhkan dalam pembinaan kegiatan pendidikan dan pelatihan urusan pemerintahan dalam negeri dan otonomi daerah, disamping juga dilakukan oleh Pemerintah Daerah. Namun demikian, Badan Pendidikan dan Pelatihan Departemen Dalam Negeri harus terus meningkatkan kualitas dan kuantitas pembinaan kegiatan pendidikan dan pelatihan di bidang pemerintahan dalam negeri dan otonomi daerah, disamping juga menjadi lembaga fasilitator bagi lembaga-lembaga pendidikan dan pelatihan lainnya, terutama yang berada di Daerah.

Education and Training Agency of Ministry of Home Affairs is a public organization which has a function to develop the activity of education and training in field of home affairs government and local autonomy. In order to implementing such function, the Education and Training Agency of Ministry of Home Affairs improve continuously its organizational capacity through improvement of existed centres of education and training, both for its organizational structure, the internal system within organization itself as well as the available human resource or personnel. After the application of the broad local autonomy in regency/municipality as well as the limited autonomy in province level, so some parts of authorities in implementing the activity of education and training in field of home affairs government and local autonomy, has been delegated to local government. Hence, its implication is that frequency of implementation of the activity of education and training in field of home affairs government and local autonomy which up to the present time executed by Education and Training Agency of Ministry of Home Affairs, through the existing centre of education and training become more decreasing. Based on research on implementation of the activity of education and training in field of home affairs government and local autonomy since 1999 to 2001, particularly to Centres of Education and Training of Governmental Management, Technical Functional, Leadership, as well as the Development and Population, so it has known that generally such activity of education and training still not optimally well-implemented, both from quality and quantity aspects of activities of education and training implementation. From such research result, it has known that role of Education and Training Agency of Ministry of Home Affairs, viewed from organizational structure, the implementation of working system within organization as well as the role of personnel, legal-formally in fact is still needed in development of education and training in field of home affairs government and local autonomy, besides executed by local government. Nevertheless, the Education and Training Agency of Ministry of Home Affairs must be continuously improve its quality and quantity in field of home affairs government and local autonomy, besides become facilitator institution for other education and training institutions, particularly ones existed in local government.

Kata Kunci : Diklat Aparatur Pemerintah Daerah, Depdagri, Otonomi Daerah


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.