Laporkan Masalah

Marketing Strategies of Putri Kedaton SPA

DIAH ASTUTI H, Erlin Estiana Yuanti, S.S.,M.A

2016 | Tugas Akhir | D3 BAHASA INGGRIS SV

Tujuan tugas akhir yang saya buat ini adalah untuk membahas tentang manajemen dan pemasaran di Putri Kedaton Spa Yogyakarta, sebuah perusahaan kecantikant ersertifikasi dan memiliki lembaga kursus dan pelatihan di Yogyakarta. Selain itu saya akan membahas tentang profil yang terdiri atas sejarah dan juga fasilitas yang dimiliki, visi dan misi dari Putri Kedaton. Tugas akhir ini juga membahas tentang spa tour yang telah di wujudkan oleh Putri Kedaton di Desa Wisata. Metode pengumpulan data yang saya lakukan adalah dengan menjadi partisipan langsung melalui program magang pada bulan Februari sampai Maret 2016 di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Putri Kedaton Yogyakarta, mengamati dan terlibat langsung dalam pemasaran. Selain itu saya mewawancarai serta pemilik Putri Kedaton tentang strateginya.Untuk studi pustaka dan internet, saya mengambil beberapa referensi buku yang terkait tentang manajemen dan artikel yang bersumber dari internet untuk memperoleh informasi tambahan. Dari obervasi yang telah saya lakukan, Putri Kedaton adalah sebuah perusahan kecantikan yang tidak hanya menjual jasa namun memproduksi beberapa produk dan bahan kecantikan yang di tangani oleh apoteker professional dan juga memiliki outlet spa di beberapa hotel di Yogyakarta dan pula beberapa karyawan yang menangani khusus di LKP sebagai kantor pusat Putri Kedaton. Strategi pemasaran yang diterapkan Putri Kedaton yaitu 4P, yang terdiri dari Product, Price, Place, and Promotion.

The aim of this paper is to examine about management and marketing in Putri Kedaton Spa Yogyakarta. A great beauty company and have courses and training institutes in Yogyakarta. In other hand the writer explain about profile of Putri Kedaton which consist of history, facilities and then vision and mission in Putri Kedaton. The final paper also discuss about the spa tour that has been embodied by Putri Kedaton on tourism village. To collect the data of this research, I have been a participant in internship program on February until March 2016 in Putri Kedaton office Yogyakarta. Then I observed some cases and involved in handling. Meanwhile, I interviewed the owner of Putri Kedaton about their strategy. For internet and library research, I took some book about management and marketing and then articles from internet to get more information. From the observations, Putri Kedaton is beauty company which do not only sell services but also produce the products and materials for spa which is handled by professional pharmacists. There is also spa outlets in several hotels in Yogyakarta and also some employees who deal specifically in Course and Training as head office. Marketing strategy applied by Putri Kedaton Spa is Product, Price, Place, and Promotion.

Kata Kunci : Marketing, Spa, Strategi pemasaran