The Approaches in Teaching Indonesian Language for Foreign Learners at Puri Bahasa Indonesia
EMMA LUTFIANA, Dr. Endang Soelistiyowati, M.Pd. ; Erlin Estiana Yuanti, S.S., M.A
2016 | Tugas Akhir | D3 BAHASA INGGRIS SVSejalan dengan adanya MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) di Indonesia, ada banyak orang asing yang bekerja di Indonesia dan tentunya belajar bahasa Indonesia sangat diperlukan. Di Indonesia terdapat banyak kursusan bahasa Indonesia. Puri Bahasa Indonesia sebagai lembaga kursus bahasa Indonesia menyediakan pendekatan-pendekatan yang sesuai dan unik dalam pengajaran bahasa Indonesia dengan mengkombinasikan teori dan praktek. Tujuan dari tugas akhir ini adalah untuk membahas pendekatan-pendekatan dalam pengajaran bahasa Indonesia bagi pembelajar asing di Puri Bahasa Indonesia. Kemudian, metode-metode pengumpulan data mengenai pendekatan-pendekatan dalam pengajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing di Puri Bahasa Indonesia adalah studi pustaka dan studi lapangan. Yang pertama adalah studi pustaka, beberarapa buku baik dalam bentuk cetak maupun elektronikyang berkaitan dengan topik yang dibahas menjadi referensi untuk data pendukung di tugas akhir ini. Sedangkan studi lapangan berupa obsevasi langsung dan wawancara dilakukan dalam bentuk magang untuk memperoleh data dan informasi mengenai profil Puri Bahasa Indonesia dan pendekatan-pendekatan dalam pengajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing di Puri Bahasa Indonesia. Berdasarkan beberapa hasil dari penelitian ini, Puri Bahasa Indonesia adalah salah satu lembaga kursus yang profesional karena sudah mempunyai pengalaman dalam mengajar bahasa Indonesia untuk orang asing sejak tahun 1992. Puri Bahasa Indonesia juga telah menerapkan pendekatan pengajaran bahasa Indonesia yang tepat dengan mengkombinasikan pendekatan teori dan praktek dalam pengajaran bahasa Indonesia bagi pembelajar asing. Oleh karena itu, dengan menggunakan pendekatan-pendekatan tersebut, kesulitan-kesulitan seperti mengingat, mengucapkan kosakata bahasa Indonesia dan memahami penggunaan dari imbuhan awalan dan akhiran pada bahasa Indonesia yang dihadapi pembelajar asing bisa diminimalisir.
In line with AEC (Asean Economic Community) in Indonesian, there are many foreign people who work in Indonesia; and certainly learning Indonesian language is needed. In Indonesia, there are many Indonesian language courses. Puri Bahasa Indonesian language course provides customized, unique approaches in teaching Indonesian language by combining theory and practice. The aim of this final paper is discussing about the approaches in teaching Indonesian language for foreign learners at Puri Bahasa Indonesia. Moreover, methods of collecting the data about the approaches in teaching Indonesian for foreign learners at Puri Bahasa Indonesia are library study and field study. First is library study, some printed and electronic books which are related with the topic discussion are the supporting data for this final paper. Meanwhile, field studies, direct observations and interviews were conducted in the internship program for obtaining the data and information about the profile of Puri Bahasa Indonesia and the approaches in teaching Indonesian language for foreign learners at Puri Bahasa Indonesia. Based on the results of the study Puri Bahasa Indonesia is one of professional Indonesian language courses because it has experiences in teaching Indonesian language since 1992. Puri Bahasa Indonesia also has applied an appropriate Indonesian teaching approach by combining the theory and practice approaches in teaching Indonesian for foreign learners. Therefore, by using the approaches the difficulties such as memorizing, pronouncing Indonesian vocabulary and understanding the usage of prefix and suffix in Indonesian language that are faced by most foreign learners can be minimized.
Kata Kunci : pendekatan pengajaran, Puri Bahasa Indonesia, pendekatan teori dan praktek, teaching approach, Puri Bahasa Indonesia, theory and practice approaches.