Laporkan Masalah

Implikasi etika pelayanan publik dan diskresi administratif terhadap kinerja birokrasi di dinas tata kota kota Manado

RONDONUWU, Feibe Bertha, Prof. Dr. Mitfah Thoha

2003 | Tesis | Magister Administrasi Publik

Latar belakang yang menjadi permasalahan menarik dan penting sehingga perlu diteliti, paling tidak ada 2 (dua) pertimbangan yaitu : asumsi dasar studi ini adalah bahwa kondisi saat ini disebabkan oleh karena kecenderungan menikmati “discreationary power” atau kewenangan membuat diskresi yang sangat besar yang mengakibatkan hilangnya etika dalam birokrasi, dan sampai saat ini permasalahan etika birokrasi belum mendapat jawaban atau pemecahan yang memuaskan meskipun sejak era orde baru telah ada kebijakankebijakan yang menyangkut reformasi birokrasi. Kemudian yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : bagaimanakah implikasi penerapan etika pelayanan publik dan diskresi administratif terhadap kinerja birokrasi Dinas Tata Kota Kota Manado? dan bagaimanakah pengaruh antara etika pelayanan dan pengaruh diskresi administratif terhadap kinerja birokrasi Dinas Tata Kota Kota Manado? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : untuk mengetahui bagaimana implikasi penerapan etika pelayanan publik dan diskresi administratif terhadap kinerja birokrasi DTK Kota Manado, dan untuk mengetahui bagaimana pengaruh hubungan antara etika pelayanan dan diskresi administratif dengan kinerja birokrasi DTK Kota Manado. Kinerja Birokrasi DTK Kota Manado yang efisien,efektif,tanggap dan akuntabel berawal dari etika birokrasi yang bisa menjadi tuntunan yang melekat dalam kehidupan setiap pejabat birokrasi dan mampu membantunya dalam mengambil kebijakan yang tanggap terhadap kepentingan dan nilai- nilai yang berkembang dalam masyarakatnya. Kalau etika birokrasi itu dapat dilembagakan, maka ia akan bisa bekerja dengan baik dalam memberi tuntunan pada para pejabat birokrasi dalam proses membuat diskresi, bahkan ketika kontrol politik dan regulasi tidak lagi efektif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah : unit of analysis atau sampling satuan kajian adalah organisasi/instansi Dinas Tata Kota Kota Manado; respondennya adalah pegawai/staf yang tercakup dalam struktur organisasi DTK Kota Manado, masyarakat pelanggan yang berurusan dengan dinas ini, dan key informan; metode pengumpulan datanya adalah wawancara, dokumentasi, observasi dan kuesioner; tehnik pemeriksaan keabsahan datanya dengan ketekunan pengamatan, trianggulasi dan uraian rinci, analisis data dengan analisis deskriptif dengan model analisis interaktif yang tersusun dalam bentuk tabel, pemaknaan interpretasi logis dalam bentuk analisis regresi dan analisis tabulasi silang. Hasil pembahasan dan analisis menunjukkan bahwa implikasi penerapan etika pelayanan dan diskresi administratif relatif rendah sampai sedang sehingga berpengaruh negatif terhadap kinerja birokrasi DTK Kota Manado; pengaruh hubungan antara etika pelayanan dengan kinerja birokrasi sangat lemah dan tidak signifikan sedangkan pengaruh hubungan antara diskresi administratif dengan kinerja birokrasi menunjukkan arah hubungan yang positif dan berpengaruh secara signifikan. Rekomendasi /saran yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah : dalam rangka meningkatkan kinerja birokrasi sebaiknya masyarakat diikutsertakan dalam pelaksanaan program dan proyek yang dilakukan oleh pemerintah yang dilakukan melalui kerjasama, koordinasi antara pemerintah dan swasta; meminimalkan bentuk diskriminasi dalam pelayanan dengan menghapus semua kebijakan pemerintah yang bersifat diskriminatif, membentuk client’ charter, dan mengefektifkan pengawasan penyelenggaraan birokrasi; meningkatkan penerapan diskresi administratif di kalangan aparat dengan peningkatan kualitas SDM dalam bentuk diklat-diklat atau pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi

The setting that become the matter of subject is so attractive and essential that it needs to be studied, at least there are two considerations i.e : the basic assumption of this study is that the current condition is caused by the tendency to afford luxury of discretionary power hugely, resulted in the loss of ethics in bureaucracy, and so far the bureaucracy ethics issue has not had satisfactory answer or solution, although since the New order (Orde Baru) era there have been policies related to bureaucracy reform. Then the issues that become the matters of subject in this study are : how is the implication of public service ethics and administrative discretion implementations toward bureaucracy performance and the impact of the relation between service ethics and bureaucracy performance and the impact of the relation between administrative discretion and bureaucracy performance of DTK of Manado City? The objectives of the study are : to recognize the implication of public service ethics and administrative discretion implementations toward bureaucracy performance of DTK of Manado City, and to recognize the impact of the connection between service ethics and administrative discretion toward bureaucracy performance of DTK of Manado City. Bureaucracy performance of DTK of Manado City which is efficient, effective, perceptive, and accountable begin from bureaucracy ethics which can be a guidance that adhere in life of every bureaucracy position and can help him in taking the policy which is perceptive to the interest and value which grow in his society. If the bureaucracy ethics can be institutionalized, so he will be able working well in giving a guidance to all of the bureaucracy position in the process of making discretion, even when political control and regulation is not still effective. Research method used in this study is : unit of analysis or study unit sampling is DTK of Manado City; the respondents are staffs registered in the organizational structure of DTK of Manado City, customer public deal with DTK, and key informant; the data collecting methods are interview, documentation, abservation, and questionnaire; the examination techniques of data validity are by observation perseverance, triangulation and detail explanation, data analysis by descriptive analysis with interactive analysis model arranged in table form, logical interpretation elucidation by multiple regession analysis cross tabulation analysis. The research and analysis results indicate that the implication of service ethics and administrative discretion implementations are relatively so low to moderate that it has negative impact toward bureaucracy performance of DTK of Manado City; the impact of relation berween service ethics and bureaucracy performance is considerably loosened and not significant, while the impact of relation between administrative discretion and bureaucracy performance direct to positive and significant relation. Recommendation or suggestion presented in this study is : in order to improve bureaucracy performance, public should be involved in the implementation of program and project conducted by the government through cooperation, coordination between government and private; minimize discrimination in service by removing all discriminatory government policies; perform client charter, and improve the effectiveness of bureaucracy arrangement supervision; increas administrative discretion implementation toward apparatus by improving human resources quality through education and training program (diklat) or higher education

Kata Kunci : Kinerja Birokrat,Dinas Tata Kota,Etika Pelayanan


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.