Laporkan Masalah

TEACHING APPROACHES IN SD INTIS YOGYAKARTA IN INTEGRATING THE FOUR ENGLISH SKILLS

SISKA LARASATI, Dr. Endang Soelistiyowati, M.Pd.

2016 | Tugas Akhir | D3 BAHASA INGGRIS SV

Kini banyak orang tua yang menyadari pentingnya penguasaan bahasa Inggris bagi anak. Kesadaran orang tua tentang pentingnya mempelajari bahasa Inggris menjadi alasan untuk mengirimkan anak-anak mereka ke sekolah yang menerapkan proses pembelajaran bahasa Inggris secara aktif dan interaktif. Dalam mewujudkan pembelajaran bahasa Inggris secara aktif dan interaktif, maka suatu sekolah harus menerapkan pendekatan pengajaran yang mencakup kemampuan-kemampuan berbahasa, yaitu kemampuan berbicara, kemampuan menyimak, kemampuan membaca dan kemampuan menulis. Salah satu sekolah yang menerapkan pendekatan pengajaran bahasa Inggris terhadap keempat kemampuan berbahasa itu adalah SD INTIS School Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pendekatan pengajaran bahasa Inggris yang diterapkan oleh SD INTIS School Yogyakarta khususnya dalam mengintegrasikan keempat kemampuan berbahasa. Metode pengambilan data untuk memperoleh informasi mengenai pendekatan pengajaran bahasa Inggris di SD INTIS School Yogyakarta yaitu menggunakan cara studi lapangan dan studi pustaka. Yang pertama dalam studi lapangan, observasi langsung dan wawancara dilakukan untuk mengetahui informasi mengenai profil serta penerapan pendekatan pengajaran yang diterapkan oleh SD INTIS School Yogyakarta. Yang kedua untuk studi pustaka, beberapa buku menjadi referensi yang digunakan dalam mendukung penyelesaian penelitian ini. Hasil penelitian menerangkan bahwa SD INTIS School Yogyakarta telah menerapkan pendekatan pengajaran dalam mengintegrasikan keempat kemampuan berbahasa Inggris. Pendekatan-pendekatan pengajaran tersebut dapat dilihat dalam Hunting Tourist Event, kegiatan penggunaan Flashcard, kegiatan Market Day dan kegiatan pidato setelah pelaksanaan sholat Dzuhur. Di dalam setiap kegiatan pendekatan pengajaran bahasa Inggris itu, guru di SD INTIS School Yogyakarta mengajak siswanya untuk aktif berbicara dan menyimak, kemudian guru juga mengajak siswanya untuk menulis dan membaca sebuah text yang berhubungan dengan kegiatan pendekatan pengajaran tersebut. Dengan melaksanakan beberapa kegiatan pendekaan pengajaran untuk mengintegrasikan keempat skill berbahasa Inggris, maka tujuan SD INTIS School Yogyakarta untuk menciptakan generasi yang memiliki kemampuan dalam berbahasa Inggris untuk berkomunikasi dapat tercapai.

Nowadays, many parents realize about the importance of mastering English for their children. The parent awareness in the importance of English learning becomes a reason for sending their children to a school which provides active and interactive English learning. For creating active and interactive English learning, a school has to apply some teaching approaches which cover the four English skills, there are speaking skill, listening skill, reading skill and writing skill. One of many schools which applies some teaching approaches for integrating the four English skills is SD INTIS School Yogyakarta. This research is conducted for getting the information about teaching approaches in SD INTIS School Yogyakarta especially for integrating the four English skills. The methods of collecting the data for getting some information about English teaching approaches in SD INTIS School Yogyakarta are using field study and library study. For field study, direct observations and some interviews are conducted for getting the information about SD INTIS School Yogyakarta’s profile and English teaching approaches which are applied in this school. In library study, some books are used as the references for supporting this research. The result of the research shows that SD INTIS School Yogyakarta has applied English teaching approaches for integrating the four English skills. The teaching approaches can be looked from some activities, there are Hunting Tourist event, INTIS Market Day, flashcard time, and speech after praying Dzuhur. In each activity, the teachers in this school would ask their students to be active in speaking and listening, then the teachers also ask the students in writing and reading a text which has correlation with the activity. By applying some activities as the teaching approaches for integrating the four English skills, SD INTIS School Yogyakarta can realize its goal for creating new generations who have English skills for communication.

Kata Kunci : Key words: Teaching approaches, SD INTIS School Yogyakarta, Student competences


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.