Analisa Hasil Proses Stress Relieving Pada Pembuatan Boggie Frame TB1014 Dengan Bahan Material SS400
CAHYAWATI, Nugroho Santoso, ST., M.Eng
2016 | Tugas Akhir | D3 TEKNIK MESIN SVINTISARI Kereta api terdiri dari beberapa kerangka, yaitu underframe, sidewall, roof dan boggie. Boggie merupakan bagian terpenting dari kereta yang berfungsi menahan beban dinamis dari kereta tersebut, sehingga pembuatannya harus akurat dan presisi. Salah satu bagian dari boggie adalah boggie frame yang terbuat dari material baja SS400 (C 0,0850%). Pembuatan boggie frame terdapat proses annealing yang bertujuan menghilangkan tegangan sisa hasil proses pemesinan dan menghomogenkan struktur mikro. Proses stress relieving diawali dengan memanaskan baja SS400 dalam furnace hingga temperatur 600-650ËšC dengan holding time 1 jam. Temperatur diturunkan secara perlahan dengan kecepatan pendinginan 5ËšC/menit sampai 310ËšC, setelah itu furnace dimatikan dan benda uji dibiarkan mendingin di dalam furnace sampai mencapai suhu kamar. Benda uji dikeluarkan dari furnace dan didinginkan pada udara bebas di atas meja furnace. Pengujian dilakukan meliputi uji kekerasan, uji impact dan pengamatan struktur mikro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses stress relieving dapat menurunkan kekerasan dan meningkatkan nilai impact. Hasil pengamatan struktur mikro menunjukkan sebelum proses annealing material memiliki struktur mikro dengan butir perlit dan butir ferit yang besar dan kasar, sedangkan sesudah proses stress relieving masih terdiri dari fasa ferit dan perlit menjadi lebih kecil, halus dan lebih tertata.
ABSTRACT The train is consist by several part such as underframe, sidewall, roof and boggie. Boggie is the most important part of train. It holds the dinamic load itself, therefore the process manufacturated should accurate and precision. One of part is boggie frame which maked from steel SS400 (C 0.0850%). The productions of boggie frame left an stress relieving. It is process to eliminate residual stress from manufacturing process and make homogeneous micro structure. Stress Relieving process starts by heating steel SS400 in furnace until temperature reach 600-650 oC with holding time an hours. Temperature is be reduced slowly with cooling speed 5 oC/mins until 310 oC, then the furnace is be turned off and the specimen cooling in furnace until get room temperature. The specimens is got out from furnace and cooling in outdoor on the furnace table. The testing is divided into hardness test, impact test and microscopichal structure. The testing result the stress relieving can reduce hardness and increase the impact. The microscopichal structure result before the stress relieving process material has coarse perlit and ferit, but after the stress relieving process were smaller, softer and more orderly.
Kata Kunci : stress relieving, steel SS400, holding time, mechanichal properties, micro structure.