Pesan Persuasif Webisodes di Youtube (Analisis Isi Kualitatif Pesan Persuasif dalam Webisodes Testimoni Go-Jek Driver) Webisodes' Persuasive Message on Youtube (Qualitative Content Analysis Persuasive Message in Go-jek Driver Testimony Webisodes)
DEA SARAH MUSLIM, Drs. Widodo Agus Setianto, M.Si
2016 | Skripsi | S1 ILMU KOMUNIKASIPenelitian berjudul Pesan Persuasif Webisodes di Youtube (Analisis Isi Kualitatif Pesan Persuasif dalam Webisodes Testimoni Go-jek Driver) ini ingin melihat bagaimana pesan persuasif ajakan bermitra sebagai Go-jek Driver dikemas dalam 6 seri webisodes yang telah diunggah di akun resmi Youtube Go-jek Indonesia. Webisodes sebagai sebuah bentuk nyata dari aplikasi brand content strategy memiliki cara tersendiri dalam menyampaikan pesan persuasif ajakan bermitra sebagai Go-jek Driver melalui cerita pengalaman 5 Go-jek Driver sebelum dan sesudah bergabung dengan Go-jek Driver. Cerita pengalaman seputar kehidupan disampaikan secara langsung oleh para Go-jek Driver. Sehingga, webisodes ini dapat digolongkan sebagai iklan berformat testimoni. Webisodes ini menggunakan menggunakan Go-jek Driver sebagai spokesperson sebagai upaya untuk membangun kesamaan field of experience dan field of reference dengan khalayak sasaran. Webisodes menghadirkan suasana serealistis mungkin, agar khalayak sasaran lebih mudah percaya dengan cerita dalam webisodes serta terbujuk untuk bermitra sebagai Go-jek Driver. Penelitian dilakukan dengan metode analisis isi kualitatif. Metode tersebut tepat digunakan dalam penelitian ini karena metode analisis isi kualitatif mampu membedah pesan yang terkandung dalam dokumen komunikasi yang disampaikan secara laten dan manifes. Setiap seri webisodes diteliti menggunakan 3 unit analisis, yaitu visual image, sumber suara, dan tekstual. Unit analisis tersebut digunakan untuk memudahkan mengidentifikasi tanda-tanda yang mengarah pada pesan persuasif ajakan bermitra sebagai Go-jek Driver. Selain itu, pesan persuasif dalam webisodes ditelaah menggunakan message content berupa pendekatan penyampaian isi pesan, dan message structure. Setelah masing-masing seri berusaha ditinjau lebih dalam mengenai pesan persuasif yang terkandung di dalamnya, selanjutnya penelitian ini mengkomparasikan penyajian pesan persuasif diantara keenam seri webisodes. Pesan persuasif ajakan bermitra sebagai Go-jek Driver disampaikan secara tersirat melalui cerita perubahan kehidupan yang dialami para Go-jek Driver setelah bergabung di Go-jek.
Webisodes' Persuasive message on Youtube (Qualitative Content analysis of Persuasive Messages in the Webisodes Go-jek Driver Testimony) research wants to see how persuasive messages about partnership to be Go-jek Drivers packaged in 6 series of Webisodes which had been uploaded on the official Youtube account Go-jek Indonesia. Webisodes as a tangible form of a brand content strategy application has its own way of conveying a persuasive message through 5 Go-jek Drivers experience before and after joining Go-jek drivers. Stories about life experiences are delivered directly by the Go-jek drivers. So, these Webisodes can be classified as advertising formats such as testimonials. This Webisodes use Go-jek Drivers as spokesperson in an effort to establish the similarity field of experience and field of reference with the target audience. Webisodes ambience as realistic as possible, so that the target audience more easily believe the story in Webisodes and persuaded to be a partner of Go-jek drivers. Research done by qualitative content analysis methods. These methods is appropriate used in this research because this qualitative content analysis methods capable of dissecting the message contained in the communication of documents delivered in latent and manifest. Each series Webisodes are examined using 3 units of analysis, i.e. the visual image, textual, and sound source. Those unit of analysis are used to make it easier to identify the signs that lead to a persuasive message about partnership to be Go-jek drivers. In addition, the persuasive messages in the Webisodes were investigated using the message content in the form of message strategies, and message structure. After each series tried to review more about persuasive messages contained therein, the next research presentation of persuasive messages make a comparation in the sixth series of Webisodes. Persuasive messages delivered implied through the change of life experienced by the Go-jek Drivers after joining Go-jek.
Kata Kunci : webisodes, persuasive message, testimony, message strategies, message structure