Laporkan Masalah

THE MAKING PROCESS, PRODUCTS, AND MARKETING STRATEGY OF PAGERJURANG POTTERY INDUSTRY: CASE STUDY IN SUHARNO’S AND SURANTO’S HOME INDUSTRIES

ENDANG MAWARTI, Erlin Estiana Yuanti, S.S., M.A

2014 | Tugas Akhir | D3 BAHASA INGGRIS

Penulisan tugas akhir ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang profil Industri Gerabah Pagerjurang khususnya Profil Industri Rumah Tangga milik Suharno serta Profil Industri Rumah Tangga milik Suranto. Tujuan berikutnya adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan proses produksi dan produk-produk yang dihasilkan oleh kedua industri tersebut serta untuk mengetahui strategi pemasaran yang digunakan para pengrajin gerabah untuk menarik pelanggan. Metode pengumpulan datanya adalah studi pustaka dan studi lapangan. Untuk studi pustaka, penulis membaca beberapa buku dan artikel dari internet yang berkaitan dengan objek penelitian. Dalam studi lapangan, penulis mewawancarai pemilik dari Industri Rumah Tangga Suharno dan Industri Rumah Tangga Suranto. Kesimpulannya, Industri Rumah Tangga milik Suharno membuat inovasi produk gerabah dengan diberi motif batik contohnya vas, meja, kursi , dll sedangkan pada Industri Rumah Tangga milik Suranto masih mempertahankan bentuk gerabah khas Pagerjurang dengan warna hitam kecoklatan dan diproduksi dengan teknik miring menggunakan perbot miring contoh produknya seperti cobek, piring, panci, periuk, dll. Dalam strategi marketing, kedua industri tersebut hampir sama yaitu masih menggunakan cara-cara yang konvensional.

This graduating paper aims to discuss the profile of Pagerjurang Pottery Industry especially profile of Suharno’s Home Industry and Suranto’s Home Industry. Furthermore, this graduating paper describes and explains of production process, various products that they make, and its marketing strategies to attract the customers. The methods of collecting data are library research and field study. In the library research, the writer studies several books and articles from the internet which are related to the objects of the research. For field study, the writer interviews the owners of Suharno’s Home Industry and Suranto’s Home Industry. In conclusion, Suharno’s Home Industry creates innovative pottery product with batik motif, for example vase, table, chair, etc. In Suranto’s Home Industry still maintain shapes of Pagerjurang pottery with brownish black naturally and produced with angled technique using perbot miring, for instance cobek, plate, pan, periuk, and so on. In marketing strategies, both of them have the same ways with conventional ways.

Kata Kunci : Gerabah Pagerjurang, Industri Rumah Tangga, Strategi Pemasaran


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.