Kualitas Pelayanan di Restoran Taman Pringsewu Sumpiuh dan Pengaruhnya Terhadup Kepuasan Konsumen
MARLYYAN NORMA WIGATI, Mrs. Erlin Estiana Yuanti, S.S., M.A.
2013 | Tugas Akhir | D3 BAHASA INGGRISPenelitian tugas akhir ini bertujuan untuk memberikan informasi singkat tentang profil Restoran Taman Pringsewu Sumpiuh dan Pringsewu Restoran Grup sebagai cikal bakal berdirinya Restoran Taman Pringsewu Sumpiuh ini. Tujuan berikutnya adalah untuk memaparkan dan mendeskripsikan fasilitas dan pelayanan yang ditawarkan oleh Restoran Taman Pringsewu Sumpiuh yang juga termasuk dalam konsep kualitas pelayanan dan pengaruhnya terhadap kepuasan pelanggan berdasarkan pendapat para pelanggan mereka. Metode pengumpulan data dalam penulisan tugas akhir ini adalah studi pustaka dan studi lapangan. Melalui studi pustaka, penulis mempelajari buku-buku, brosur Restoran Taman Pringsewu Sumpiuh, dan materi lain dari internet yang memiliki keterkaitan dengan objek penelitian. Dalam studil apangan, penulis mewawancarai manager pemasaran dan beberapa karyawan restoran. Penulis juga meminta beberapa pelanggan untuk mengisi kuisioner. Dari hasil kuisioner tersebut, penulis mengetahui dan menganalisa pendapat pelanggan tentang kepuasan mereka terkait dengan fasilitas dan pelayanan yang disuguhkan oleh Restoran Taman Pringsewu Sumpiuh. Kesimpulannya, Restoran Taman Pringsewu Sumpiuh adalah salah satu bisnis kuliner yang memiliki kualitas pelayanan yang cukup baik dengan beragam fasilitas dan pelayanan yang menarik dengan tujuan untuk memberikan kepuasan kepada para pelanggannya. Konsep kualitas pelayanan tersebut meliputi tangible, empathy, reliability, dan responsiveness. Menurut para pelanggan, hamper semua fasilitas dan pelayanan yang diberikan oleh restoran memberikan mereka kepuasaan, namun masih ada bagian dari kualitas pelayanan Restoran Taman Pringsewu Sumpiuh, walaupun hanya sebagian kecil yang membuat para pelanggan belum mendapatkan kepuasan mereka sehingga masih diperlukan adanya peningkatan kualitas pelayanan terkait dengan hal tersebut oleh Restoran Taman PringsewuSumpiuh.
This graduating paper aims at giving a brief information about Taman Pringsewu Restaurant Sumpiuh and Pringsewu Restaurant Group as its pioneer. Furthermore, this graduating paper explains about the facilities and the services offered by Taman Pringsewu Restaurant Sumpiuh that includes to the service quality concept and its effect for the customer satisfaction based on customers’ opinion. The methods of collecting data are library research and field study. In the library research, the writer studies several books, brochure of Taman Pringsewu Restaurant Sumpiuh, and materials from the internet which are related to the object of the research. For field study, the writer interviews the marketing manager and the employees. Besides, the writer also asks the customers to fill the questionnaire. From the questionnaires’ result, the writer knows and analyzes the customers’ opinion about their satisfaction related to the facilities and the services offered by Taman Pingsewu Restaurant Sumpiuh. In conclusion, Taman Pringsewu Restaurant Sumpiuh is one of culinary business which has good enough service quality with the attractive various facilities and services to satisfy the customers as its purpose. This service quality consists of tangible, empathy, reliability, and responsiveness. According to the customers’ opinion, almost all of the facilities and services offered by the restaurant gives them satisfaction. However, there is some of the service quality dimensions that do not make them satisfied. Thus, Taman Pringsewu Restaurant Sumpiuh still needs to improve their service or facility related to that case.
Kata Kunci : Restoran Taman Pringsewu Sumpiuh, Kualitas Pelayanan, Pendapat Pelanggan