DESAIN PROTOTIPE 3[TIGA] DIMENSI KARAKTER WAYANG KULIT GAGRAG YOGYAKARTA
budi suyanto, Prof. Adhi Susanto, M. Sc., Ph.D
2012 | Tesis | S2 Teknik ElektroAnimasi tiga dimensi merupakan salah satu bidang komputer multimedia yang berkembang dengan cepat dewasa ini. Berbagai macam teknik dan algoritma telah dikembangkan pada bidang tersebut. Aplikasi bidang ini mencakup area yang luas, dalam bentuk perangkat-lunak game, film kartun, di bidang kedokteran, desain arsitektur, iklan, dan lain-lain. Wayang kulit adalah seni tradisional Indonesia dan terutama berkembang di Jawa , yang harus dijaga kelestariannya. Animasi wayang dalam bentuk 3-dimensi akan lebih menarik bagi generasi muda. Penelitian ini menghasilkan prototipe animasi tiga dimensi wayang, dengan mengacu pada wayang kulit 2-dimensi gagrag yogyakarta dengan menggunakan metode low polygon character modelling. Hasil penelitian dalam bentuk contoh untuk karakter Bagong dan Semar gagrag yogyakarta. Hasil desain karakter menyerupai wayang kulit gagrag Y ogyakarta, pada pergerakan jalan dan lompat sudah seperti gerakan manusia pada umumnya, sedang untuk animasi lari masih terlihat seperti berjalan mundur disebabkan oleh karakter memiliki kaki yang pendek.
Three-dimensional animation is one of the areas of multimedia computers which is rapidly evolving today. A wide range of techniques and algorithms have been developed in this field. Applications in this field cover a large area, for example, in the software games specialy, cartoon designs prepared, medicines hide is the main, architecture designs, advertising and others. Wayang is the main material for jawanese, Puppet in the form of 3-D will be easily learned and understood by different generations. This study discusses the manufacture of prototype 3-dimensional puppet animation, with reference to the 2- dimensional puppet Gagrag Yogyakarta by using low-polygon character modelling. The results of this study produced a character who will be the animated movie character who refers to the shadow puppet story Gagrag Yogyakarta, and the results in the form of an example for the character of “ Bagong†and “ Semar†of the Gagrag Yogyakarta Pupet. The results have shown the character design similarities with the puppet gagrag Yogyakarta, on the road and down movement is like a human movement in general, is to run the animation still looks like a running back.
Kata Kunci : Wayang, Gagrag, Animasi 3-Dimensi, low polygon character modelling