An analysis of Pertamina's Plumpang crisis strategy
LIESDIARTO, Agni Anggun, Hani Handoko, Dr., MBA
2009 | Tesis | S2 Magister ManajemenStudi ini bertujuan untuk mempclajari manajemen strategy sebuah perusahaan dalam menghadapi krisis yang terjadi di dalam perusahaan itu. Penelitian ini berfokus pada krisis di sebuah perusahaan. Sebenarnya, aktivitas krisis manajemen itu sendiri termasuk meramalkan potensi k.risis yang akan teJjadi dan bagaimana cara menangani krisis tersebut. Data diambillangsung di tempat kejadian., mengajukan kuisioner dan wawancara kepada para infonnan kunci dari krisis yang sedang dibadapi. Kuisioner dilakukan kepada 3 orang informan kuncci pemimpin dari divisi yang terkait dengan kepentingan analisis krisis, dan dengan menggunakan alat pengukur Crisis Impact Value, hasil dari kuisioner dan wawancara d.i proses dan mendapatkan hasil seberapa besar krisis yang terjadi serta bagaimana penanganannya jika krisis seperti ini terjadi sesuai teori para ahli. Hasil dari penelitian ini adalah manajemen strategi yang biasanya dilakukan oleh PERTAMINA tidak cukup baik dan tersusun, sampai kasus yang terjadi di Plumpang depot dan membuat PERTAMlNA p karena krisis yang terjadi cukup besar dan mengancam stabilitas perusahaan. PERTAMINA sadar a.kan kekurangan pada prosedur sistem penanganan dan segera memperbai.lci sistem mereka setelah krisis yg yeJjadi di Plumpang mereda. Kata Kunci: Krisis - Krisis Manajemen. Manajemen Strategi
This study aims to learn about strategic management doing by some organization when handle the crisis in their organization. This research is focusing on the crisis dwells in the company. Typically, proactive crisis management activities include forecasting potential crisis and planning how to deal with them. Questionnaire and interviews with the key informant were acquired in the location of the event The 3 key informants here is the head operation unit from 3 different divisions that hold important role related to the crisis that happen in the company. With Crisis Impact Value, research questionnaire and interview been processed to define crisis level and impact the crisis itself in the organization, to find how to handle the crisis according to the expert suggestion. The conclusion in this research is the strategy PERTAMINA used frequently when the crises erupt does not good enough or well structure; it is happen until the Plumpang depot case happened. Because, the Plumpang case is consider as the big one,. and threaten company stability. PERTAMINA realized their weaknesses in System Operational Procedure and quickly improve their system after the incident in Plumpang is concluded. Keywords: Crisis, Crisis Management, Strategy Management
Kata Kunci : Krisis, Krisis manajemen, Manajemen strategi