Laporkan Masalah

Pluralisme agama di Amerika

ALI, Mukti, Prof.Dr. Djuhertati Imam Muhni, MA

2007 | Tesis | S2 Pengkajian Amerika

Penelitian ini menggunakan pendekatan literasi dengan metode kualitatif. Secara teoritis penelitian ini menggunakan teori-teori sosial tentang persentuhan budaya, baik teori asimilasi, melting pot, salad bowl, dan bahkan wacana kekinian yaitu multikulturalisme. Amerika adalah negara pluralistik yang penduduknya terdiri dari berbagai etnis, ras, dan budaya,. Warna pluralitas yang terjadi di Amerika bukan saja terletak pada perbedaan semata (diversity), melainkan pluralitas yang memiliki makna toleran, saling menghargai, dan kerjasama dalam keperbedaan, sehingga termanifestasi dalam rasa persahabatan yang harmonis. Begitupun pluralitas dalam sejarah perjalanan agama di Amerika memiliki sisi yang menarik, karena agama dengan warna yang berbeda yang lahir dan hadir berbarengan dengan gelombang imigrasi yang terjadi dan datang dari berbagai penjuru dunia. Akibatnya agama yang dibawa oleh masing-masing imigran masih mentradisi dalam kehidupan keseharian bangsa Amerika kemudian. Pada akhirnya, tipologi agama di Amerika adalah tipologi –kejamakan- pluralistik, karena berbagai agama tumbuh subur di negra tersebut; Kristen dengan denominasinya, Yahudi, Islam, Hindu, Budha, Syikh, Kong Hu Chu, dan lain sebagainya. Bahkan Civil Religion menjadi bentuk agama yang menjadi ekspresi dan keyakinan masyarakat.

This research based on literature approach using qualitative method. Theoretically, this research used social theories of cultural encounter such as assimilation theory, melting pot, salad bowl and contemporary discourses of multiculturalism. America is pluralistic country populated by people living in several ethnic and culture. The reality of plurality occurs in America does not only show diversity but also tolerance, mutual understanding and working together in their diversity so that manifested in sense of harmony relationship. Historically, the development of religions in America is interesting. Several religions had come together with the wave of immigration from over the world into America. This history caused those religions alive in the daily life of American people. Then, the typology of America religions is pluralistic due to the freedom of every religion to spread in that country such as the denominated Christian, Jews, Islam, Hindu, Buddha, Syikh, Kong Hu Chu etc. Even the Civil Religion becomes a religion hold and expressed by some American people.

Kata Kunci : Amerika Serikat, Sejarah Agama, Pluralisme Agama, pluralism, assimilation, melting pot, salad bowl, denomination, civil religion.


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.