Penerapan metode Quality Function Deployment dalam pengembangan kualitas pelayanan terhadap mahasiswa di Unissula Semarang
SUGIYONO, Andre, Dr.Ir. Adi Djoko Guritno, MSIE
2006 | Tesis | Magister ManajemenPendidikan merupakan proses budaya dan menduduki peranan penting dalam upaya meningkatkan harkat dan martabat manusia yang juga berarti meningkatkan kualitas manusia. Universitas Islam Sultan Agung Semarang merupakan salah satu bagian dari sistem pendidikan nasional yang mengelola sumber daya manusia secara akademik yang akan menghasilkan output yang mampu berkompetisi. Kondisi persaingan antar Universitas dewasa ini tampak semakin ketat. Oleh karena itu UNISSULA perlu mengadakan langkah antisipasi melalui berbagai kebijakan dan strategi yang tepat untuk memenangkan persaingan. Salah satu alternatif strategi yang perlu dilakukan yaitu peningkatan kualitas pelayanan yang menjadi harapan mahasiswa. Quality Function Deployment adalah suatu metode yang digunakan untuk menganalisis pengembangan kualitas dari suatu produk. Metode ini berdasarkan pada pengembangan produk baru yang dapat membantu dalam apa yang sebenarnya diinginkan konsumen dan menterjemahkannya kedalam atribut atau spesifikasi teknis.Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan pengambilan data melalui kuisioner dimana atribut pertanyaan yang diajukan meliputi empat faktor yaitu Proses Belajar Mengajar, Fasilitas, Unit Kegiatan Mahasiswa dan Administrasi. Teknik pengambilan sampel yang dipilih adalah teknik probability sampling dengan tipe stratified random sampling. pengukuran menggunakan skala likert. Hasil penelitian yang ditampilkan dalam House Of Quality menunjukkan bahwa untuk meningkatkan mutu pelayanan berdasarkan pada kepentingan teknik adalah Menciptakan rasa nyaman dengan nilai target sebesar 390,39, Perbaikan fasilitas dengan nilai target sebesar 355,14,Meningkatkan proses belajar mengajar yang lebih efektif dengan nilai target sebesar 246,33,Peningkatan dan pemberian stimulus untuk menghidupkan keaktifan dan kreatifitas mahasiswa dengan nilai target sebesar 189,57, Perbaikan dan peningkatan manajemen pelayanan administrasi dengan nilai target sebesar 167,94, Peningkatan dan penambahan kegiatan mahasiswa yang lebih efektif dengan nilai target sebesar 146,31. Dengan melihat hasil pada penelitian ini diharapkan pihak universitas memperhatikan dan segera memperbaiki mutu pelayanannya sehingga dapat sesuai dengan keinginan atau kebutuhan mahasiswa.
Education as part of culture process become a very important component to increasing quality of human lifelevel.Sultan Agung Islamic University (UNISSULA) as one part of national education system that processing human resources for academic to produce output that have skill to face the competition.The competition of universities are now very tightly.For that reason UNISSULA should have strategies to facing the competition. One of the alternative solution is the improvement of serve quality for students.Quality Function Deployment (QFD) as one of methods that can be use to improve the serve quality for students.This method based on new product development that can help to knowing what are the custumer needs for the product and implemented it to attributes and technical specifications.This research is using descriptive approach that using a questioners.The Questioners are asking about four factors which are learning process, facilities, student activities, and administration.The technical of sampling is using probability sampling with stratified random sampling type.The measurement is using likert scale.The result of research as shown on house of quality (HOQ) matrix showing that to improve the serve quality for students based on technical needs are making the cozy situation for learning process with the value of target is 390,39 ; Facilities improvement with the value of target is 355,14 ; The improvement of learning process to become more effectively with the value of target is 246,33 ; The improvement of students activities with the value of target is 189,57 ; The improvement of administration management with thw value of target is 167,94 ; And the improvement and addition of students activities with the value of target is 146,31. With this result, UNISSULA should improving the serve quality for students with priorities as shown in QFD. So that what the students need can be realized.
Kata Kunci : Kualitas Layanan,Quality Function Deployment, QFD, HOQ, Serve Quality