Laporkan Masalah

Formulasi strategi bisnis PT Frisian Flag Indonesia dalam persaingan industri susu di Indonesia

ARDIYANTO, Agung Sukma, Drs. Agastya, MBA.,MPM

2003 | Tesis | Magister Manajemen

Untuk mendukung pertumbuhan perusahaan baik yang dipengaruhi faktor internal dan eksternal yang mendukung pertumbuhan tersebut maka PT Frisian Flag Indonesia mengimplementasikan strategi-strategi umumnya untuk mendukung perencanaan sebuah formulasi .Bisnis utama yang dilakukan PT Frisian Flag Indonesia adalah SCM dan didukung oleh line produk lainnya seperti powder dan Liquid. Reformulasi strategi PT Frisian Flag Indonesia dapat direncanakan dan disusun dengan menganalisa tingkat keberhasilan penerapan strategi sebelumnya ataupun menerapkan startegi alternative untuk mendukung generic strategi yang pernah dan sedang dilaksanakan. Analisis terhadap lingkungan internal dan lingkungan eksternal perusahaan dapat dijadikan tolak ukur dalam merencanakan sebuah formula strategi yang sesuai dengan perkembangan lingkungan. Sehingga dengan analisis tersebut akan didapat elemen-elemen yang nantinya dapat dikembangkan dan mendukung dalam menerapkan strategi jangka pendek dan jangka panjang sesuai dengan perubahan lingkungan, kemampuan dalam mewujudkan sasaran ke depan Pertumbuhan perusahaan pada masa sekarang tidak terlepas dari industri sebelumnya dukungan pemerintah dengan mengeluarkan kebijaksanan yang mendukung industri susu, perbaikan ekonomi masyarakat, meningkatnya konsumsi khusus, meningkatnya kesadaran akan pentingnya susu bagi bayi serta dukungan implementasi strategi sebelumya yang membawa perusahaan menjadi market leader di industri SCM dan sebagai pimpinan pasar industri susu secara keseluruhan, diversifikasi konsentrik, Integrasi vertical, joint venture maupun startegik global. Dilihat strategi yang sudah diterapkan, meningkatnya prosentase pertumbuhan perusahaan, mendorong pembentukan misi perusahaan yang strategies dimana PT Frisian Flag Indonesia ingin memantapkan posisinya sebagai pemimpin pada industri susu nasional dengan diversivikasi produknya yang beragam, menawarkan berbagai produk untuk kalangan menengah kebawah dari infant dengan Step 1dan Step 2 sampai lanjut usia. Tingkat kelahiran yang tinggi 16.200 per hari dan meningkatnya konsumsi susu bayi mendorong perusahaan untuk masuk ke industri susu bayi. PT Frisian Flag Indonesia dengan kemampuan baik financial maupun non finansial yang baik akan dapat berkompetisi dengan produsen susu lainnya., Pangsa pasar susu bayi yang luas, dukungan jaringan distribusi yang sudah terbentuk dan berbiaya rendah, teknologi serta faktor finansial yang mendukung merupakan beberapa faktor keunggulan yang dimuliki perusahaan. Strategi jangka panjang yang diterapkan PT Frisian Flag Indonesia adalah yang mendukung pertumbuhan (growth) perusahaan dengan mengkosentrasikan pada pencapaian target 2005 dengan perolehan market share 21% di industri susu bayi. Strategi tersebut adalah strategi konsentrasi bisnis tunggal, diversifikasi vertical, diversifikasi horisontal, strategi keunggulan biaya menyeluruh

To support the company growth of both for influenced by the internal factor and external supporting the growth hence PT Frisian Flag of Indonesia of strategy implementation generally to support the planning a formulation . Especial business conducted by PT Frisian Flag Indonesia is SCM and supported by other product link like powder and Liquid. Reformulation of Strategy of PT Frisian Flag Indonesia can be planned and compiled with analyzing strategy level of previous strategy applying efficiency and or apply the strategy alternative to support the generic strategy which have an is being executed. Analysis to environmental and internal environment of external company can be made by a yardstick in planning a formula strategy matching with environmental growth. So that with the analysis will be got by a element which later can be developed and support in applying strategy short-range and long-range as according to environmental change, ability in realizing target forwards Company growth of a period of to now is not quit of previous industry of governmental support by releasing wisdom supporting milk industry, economic repair of society, the increasing of special consumption, the increasing of awareness for the importance of milk for baby and also support of implementation of strategy before bringing company become the market leader in industry SCM and as industrial market head of milk as a whole, diversified b] the concentric, Integrate the vertical, joint venture and also global strategy. Seen by of strategy is applied, the increasing of percentage of company growth, pushing forming of company mission which strategies of where PT Frisian Flag Indonesia wish to settle its position as leader of at industry of national milk by diversification is its product is immeasurable, offering various product for the circle of middle downwards from infant by Step 1dan Step 2 continue the age. Mount the high birth 16.200 per day and the increasing of consumption of baby milk push the company to step into the industry of baby milk. good PT Frisian Flag Indonesia ably financial and also non good financial of competition will be able to with the other milk producer., compartment of wide baby milk Market, is formed distribution network support and have low expense [to], technology and also factor financial supporting to represent some excellence factor which in milk company Long-Range strategy applied by PT Frisian Flag Indonesia is supporting growth ( growth ) company by concentration at goals attainment 2005 with the acquirement of market share 21% in industry of baby milk. The strategy is single business concentration strategy, diversified by the integration vertical, diversified horizontal, strategy of expense excellence totally

Kata Kunci : Strategi Bisnis,Persaingan Industri Susu, Dairy Industry, Infant milk, SWOT, Strategic Group


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.