ANALISIS STRATEGI KORPORAT : PT. BOSOWA CORPORATION DENGAN PARENTING FRAMEWORK
UTIANA USMAN, Amin Wibowo, M.B.A., Ph.D
2017 | Tesis | S2 ManajemenDalam menjalankan bisnisnya di Indonesia, Bosowa Corporation menginginkan perusahaan berkembang menjadi kelompok usaha terbesar dengan perubahan yang signifikan serta dapat menciptakan nilai tambah bagi perusahaan. Tata kelola atau manajemen perusahaan yang tepat perlu diperhatikan agar dapat membuat keberhasilan sebuah perusahaan dalam mengelolah bisnis perusahaan. Maka dari itu perlunya pendekatan yang disebut dengan corporate parenting framework yang dapat membantu dalam menuntaskan permasalahan dan membangun strategi korporasi berdasarkan penilaian terhadap tingkat kesesuaian antara induk dan unit bisnisnya. Penelitian analisis deskriptif ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif melalui wawancara kepada top level management di dalam perusahaan. Dengan menggunakan analisis terstruktur yang terdiri dari beberapa langkah yaitu identifikasi critical success factors dan parenting opportunities dari masing-masing bisnis unit, identifikasi parenting characteristic dari korporat serta pemetaan ke dalam parenting fit matrix yang akan menggambarkan posisi bisnis unit ke dalam portfolio korporat. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan berupa: (1) Unit bisnis Hotel AryaDuta masuk pada kategori heartland, (b) unit bisnis Bosowa Otomotif masuk pada kategori heartland, dan (c) unit bisnis Bosowa Semen masuk pada kategori edge of heartland. Sehingga perusahaan induk terhadap tiga bisnis unitnya memiliki hubungan yang bagus terlihat dari posisi hasil parenting fit matrix-nya.
In conducting it's business in Indonesia, Bosowa Corporation wants the company to grow into the largest business group with significant changes and can produce more value for the company. Appropriate system or management in company needs to be considered in order to make a company successful in managing the company's business. Therefore, it is necessary to use an approach called the corporate parenting framework that can help to solve problems and build corporate strategy based on an assessment of the level of conformity between parent company and business units. This descriptive analysis research is done by qualitative approach through interview to top level management in the company. By using structured analysis consisting of several steps which are identification of critical success factors and parenting opportunities from each business unit, identification of parenting characteristic of the corporation and mapping into the parenting fit matrix will describe business unit position into the corporate portfolio. Based on research that has been done, it can be concluded that: (1) AryaDuta Hotel business unit is categorized as heartland, (2) Bosowa Automotive business unit is categorized as heartland, and (3) Bosowa Semen business unit is categorized as edge of heartland. Thus, the parent company with its three business units have a good relationship which is seen from position of its parenting results matrix.
Kata Kunci : Strategi korporat, corporate parenting framework, critical success factors, parenting opportunities, parenting characteristic, parenting fit matrix.