Laporkan Masalah

PERSEPSI SISWA TENTANG PERILAKU INTERPERSONAL GURU DAN PARTISIPASI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SEBAGAI PREDIKTOR KETERIKATAN SISWA PADA SEKOLAH

ARFIN NURMA HALIDA, Prof. Dr. Tina Afiatin, M.Si., Psikolog

2017 | Tesis | S2 Psikologi

Perbedaan karakteristik siswa menjadi hal unik yang perlu diperhatikan untuk mewujudkan keberhasilan dalam belajar. Keterikatan siswa pada sekolah merupakan salah satu faktor untuk mencapai keberhasilan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterikatan siswa pada sekolah diprediksi dari persepsi siswa tentang perilaku interpersonal guru dan partisipasi kegiatan ekstrakurikuler. Hipotesis penelitian ini adalah persepsi siswa tentang perilaku interpersonal guru dan partisipasi kegiatan ekstrakurikuler mampu memprediksi keterikatan siswa pada sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis regresi berganda. Subjek sebanyak 200 siswa kelas X, XI dan XII SMK N Z Yogyakarta yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Metode pengumpulan data dengan menggunakan skala Keterikatan Siswa Pada Sekolah, skala Persepsi Siswa Tentang Perilaku Interpersonal Guru dan Skala Partisipasi Kegiatan Ekstrakurikuler. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa tentang perilaku interpersonal guru dan partisipasi kegiatan ekstrakurikuler dapat menjelaskan variasi variabel keterikatan siswa pada sekolah sebesar 57,8% dengan nilai F=134,958 p=0,0001 dan hipotesis diterima. Persepsi siswa tentang perilaku interpersonal guru mampu memprediksi secara parsial keterikatan siswa pada sekolah sebesar 19,7% dan partisipasi kegiatan ekstrakurikuler mampu memprediksi secara parsial keterikatan siswa pada sekolah sebesar 38,1%.

Different characteristics of the students is the unique things that need to be considered to achieve success in learning. Student engagement is one of the factors to reach student success. This research is due to understand level involvement of student in the school predict by student perception about interpersonally teacher behavior and participation in extracurricular activity. Hypothesis this research is student engagement can be predicted based on students perception about teacher interpersonal behavior and participation in extracurricular activities. This study performs quantitative method especially using regression analysis. 200 students from X, XI, and XII grades in SMK N Z Yogyakarta had been chosen as a subject research. Collecting data uses involvement scale method in the school, scale of student perception about teacher interpersonally behavior, and scale of participation in extracurricular activity. The result shows that those variables can explain variance of student involvement about 57,8% with F=134,958 p=0,0001 and the hypothesis was accepted. The Student perception about teacher interpersonal behavior and participation in extracurricular activity were able to predict student engagement partially in the school about 19,7% and 38,1% respectively.

Kata Kunci : Keterikatan siswa pada sekolah, persepsi siswa tentang perilaku interpersonal guru, partisipasi kegiatan ekstrakurikuler

  1. S2-2017-371226-abstract.pdf  
  2. S2-2017-371226-bibliography.pdf  
  3. S2-2017-371226-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2017-371226-title.pdf