PEMBELAJARAN BAHASA MANDARIN BAGI ANAK USIA DUA (2) HINGGA TIGA (3) TAHUN DI KELOMPOK BERMAIN BUDI UTAMA YOGYAKARTA
PHILIA CHRISTY M, Citra Ayu Novitasari, B.A., M.TCSOL.
2016 | Tugas Akhir | D3 BAHASA MANDARIN SVTugas akhir yang berjudul Pembelajaran Bahasa Mandarin Bagi Anak Usia Dua (2) Hingga Tiga (3) Tahun di Kelompok Bermain Budi Utama Yogyakarta ini berisi tentang proses pembelajaran bahasa Mandarin dan strategi pembelajaran bahasa Mandarin untuk anak usia dua (2) hingga tiga (3) tahun di Kelompok Bermain (KB) Budi Utama Yogyakarta. Tujuan KB Budi Utama Yogyakarta mengadakan pembelajaran bahasa Mandarin adalah agar melalui bahasa tersebut siswa mampu bersaing dengan masyarakat global. Proses pembelajaran bahasa Mandarin di KB Budi Utama Yogyakarta berjalan selama tiga puluh (30) menit dengan menggunakan buku panduan Qian Dao Wawa, kartu bergambar, dan alat peraga. Selama pembelajaran berlangsung, guru melakukan komunikasi dengan bahasa Mandarin. Strategi-strategi juga disiapkan dengan baik agar siswa mengalami proses pembelajaran yang menyenangkan, mempunyai peningkatan pembelajaran yang baik, dan siswa mengalami keberhasilan dalam belajar bahasa Mandarin.
The final paper which is entitled "Learning Chinese Language for Two (2) to Three (3) Years Old Children in Budi Utama Preschool, Yogyakarta" is about the process and strategies of learning Chinese language for two (2) to three (3) years old children in Budi Utama Preschool, Yogyakarta. Budi Utama Preschool aims to make the students able to compete in the global community by having learning Chinese language at school. The process of learning Chinese language in Budi Utama Preschool, Yogyakarta is on thirty (30) minutes, and is facilitated with Qian Dao Wawa guide books, picture cards and other visual-aids. During the learning process, the Chinese language teachers use Chinese language to communicate. Many strategies have also been prepared properly so that the students had experienced a fun learning language process, a good study improvement, and have the success experience of learning Chinese language.
Kata Kunci : Kata Kunci : Pembelajaran, Bahasa Mandarin, Kelompok Bermain (KB), Budi Utama Yogyakarta