Laporkan Masalah

Sponsoring foreign and local artist music events in Indonesia :: A Case study of a Mild Live Production

RAMADIANI, Lia Mutiara, Prof.Dr. Dibyo Prabowo, MSc

2003 | Tesis | Magister Manajemen

Acara musik semakin meningkat dari tahun ke tahun di Indonesia. Tidak hanya melibatkan artis lokal tapi artis dari luar negeri juga sering mengadakan pertunjukan. Hal ini berdampak dengan kesempatan untuk menjadi sponsor acara musk semakin berkembang dari artis lokal ke artis luar negeri. Untuk melakukan kegiatan promosi atau konser, artis luar negeri membutuhkan perusahaan untuk menjadi sponsor mereka. Studi ini ditujukan untuk mengidentifikasikan dan membandingkan empat permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan dalam memberikan sponsor antara artis lokal dan artis luar negeri. Hal yang pertama adalah alasan mengapa phak sponsor mau berpartisipasi untuk menyelenggarakan acara musk. Kedua, keuntungan yang didapat oleh perusahaaan. Ketiga, hambatan-hambatan yang akan dihadapi oleh perusahaan sponsor. Dan yang terakhu adalah kegiatankegiatan promosi yang dilakukan oleh perusahaan. Secara spesifrk, penulis mengembangkan keempat permasalahan dari sudut pandang sponsor. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis desknptif. Kasus yang dipilih berfokus hanya pada satu organisasi perusahaan yaitu PT HM Sampoema Tbk, sebagai phak sponsor, yang telah berhasil mengembangkan kegiatan sponsorship dalam acara musk baik untuk artis lokal maupun artis luar negeri. Kombinasi dari wawancara langsung, telepon dan surat elektronik digunakan untuk mengumpulkan data primer. Sedangkan untuk data sekunder menggunakan laporan perusahaan, situs di internet, jumal, koran, serta majalah.

In Indonesia, the number of music events is increasing fiom year to year. Not only music events that include local artists but also foreign artist. As a result, the opportunities for sponsor involvement in sponsoring music events have expanded from local artists to foreign artists. Foreign artists who come to Indonesia will have to do promotional activities, such as promotional tours and concerts. Therefore, they will need companies to sponsor them. This study is to identi@ and compare four issues that companies will need to address between sponsoring foreign artist and local artist music events. Firstly, the reason why sponsor want to support the music event will be sought. Secondly, the benefits that sponsor get will be mrded. Then, the problems that sponsor encountered will be noted. Lastly, the case study explored the sponsor’s promotional activities. Specifically, the researcher investigated these four main issues f?om the sponsor’s point of view. The methodology used in this research is descriptive analysis. The case selected focused on one organization namely PT J3M Sampoerna Tbk., as sponsor, which have succeeded in developing sponsorship for both foreign and local artist music events. A combination of personal int&ews, telephone also electronic mail was used to collect the primary data. The review of documents for secondary data, such as company report, homepages in the internet, journal, news paper, and magazines were also utilized.

Kata Kunci : Manajemen Promosi,Sponsor Musik, Sponsorship


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.