Strategi pemasaran motor Kanzen tipe spectra di Jogjakarta :: Studi kasus pada PT. Semesta Citra Motorindo
IHSAN, Dwi Nur'aini, Prof.Dr. Dibyo Prabowo, MSc
2003 | Tesis | Magister ManajemenTingkat persaingan di industri sepeda motor nasional dari tahun ke tahun semakin tinggi dan ketat. Sejak diberlakukannya deregulasi otomotif yang inembebaskan impor kendaraan bermotor semakin banyak para pebisnis yang melakukan investasi inembangun indusm motor. Salah satunya adalah PT Semesta Citra Motorindo ATPM sekaligus produsen dan distributor Motor Kanzen yang mengadopsi teknologi Korea Selatan dengan membangun kqasama dengan Daelim Motor Corporation dan Samsung Corporation. Tingkat persaingan yang timbul khususnya di Jogjakarta dengan banyaknya pesaing dan merek-merek sepeda motor di Jogjakarta telah mendorong pihak perusahaan mampu menyusun strategi pemasaran yang tepat dan semakin bersikap profesional dalain mengelola perusahaannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran yang telah dilaksanakan PT Semesta Citra Motorindo Cabang Joglakarta distnbutor sekaligus sebagai kantor pemasaran Motor Kanzen di Jogjakarta saat ini ddam menghadapi persaingan pada industri sepeda motor bebek di Jogjakarta, dengan menggunakan sistematika kerangka andisis dan diagnosis model Glen L. Urban & Steven H. Star (1991, Figure 2.1:12). Penelitian ini menggunakan data langsung, baik dengan wawancara maupun dengan mengajukan kuisioner kepada Kepala Pemasaran.. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Motor IQmen tipe SPECTRA bemda pada kuadran I, yang baarti Motor Kanzen tipe SPECTRA mendukung strategi agresif
The degree of competition in national motorcycle industry is getting intense from year to year. Since the automotive deregulation has been established, the imported motorcycle are free to enter the Indonesian market. A lot of companies also invest in form of building some motorcycle factories. On of the companies is PT Semesta Citra Motorindo as the authorized sole agent, producer, and distributor of Kanzen motorcycle which adopts the South Korean technology by doing cooperation with Daelim Corporation and Samsung Corporation. The high level of competition especially in Jogjakarta where there are a lot of competitors with various kinds of motorcycle brands has forced the company to arrange the right marketing strategy and to be more professional in managing the company. The goal of this research is to analyze the marketing strategy of PT Semesta Citra Motorindo in Jogjakarta official branch, as the marketing unit or particularly as the distributor in Jogjakarta in facing the competition. The analysis uses model analysis and diagnosis framework Glen L. Urban & Steven H. Star (1991, Figure 2.1:12). This research uses direct data, like interview and questionnaire with the Marketing Head. The result of this research shows that Kanzen Motorcycle Spectra type is in Quadrant 1. It means that Kanzen Motorcycle Spectra type supports aggressive strategy.
Kata Kunci : Strategi Pemasaran,Perusahaan Sepeda Motor, Marketing Phenomena Analysis, SWOT Analysis, Marketing Strategy Diagnosis)