Laporkan Masalah

Audit pemasaran berdasarkan Strategic Marketing Plus 2000 :: Studi kasus pada PT. HM Sampoerna

BAYUAJI, YB. Mandra, Prof.Dr. Dibyo Prabowo, MSc

2003 | Tesis | Magister Manajemen

Setiap perusahaan perlu melakukan perencanaan bisnis secara efektif dalam menghadapi situasi persaingan yang mengarah pada hypercompetition sehingga perusahaan mampu beradaptasi dengan perubahan dalam lingkungan bisnis yang terus menerus terjadi. Marketing audit merupak salah satu aktivitas untuk mencapai sukses dari setiap perusahaan sehingga mampu mengikuti perubahan lingkungan bisnis yang terjadi. Karya tulis ini menggunakan metode Competitive Audit berdasarkan kerangka kerja Strategic Marketing Plus 2000. Dalam audit hi memiliki dua profil yakni Competitive Setting Profile dan Company Alignment Profile. Pertama, Competitive Setting Profile terdiri dari tiga faktor yakni Customer Demand, Competitor dan Change Driver, dimana setiap faktor tersebut memiliki setiap dimensi dalam pengukurannya. Kedua, Company Alignment Profile yang merupakan strategi, taktik dan nilai pemasaran yang telah diterapkan oleh perusahaan. Dengan menggunakan analisis kesenjangan maka kedua profil yaitu Competitive Setting Index dan Company Alignment Index diperbandingkan. Hasil dari analisis h i dapat dipergunakan oleh perusahaan untuk mengevaluasi posisi persaingannya terhadap level persaingan di industri. Penulisan thesis ini mengambil studi kasus pada PT. HM Sampoerna untuk mendiskripsikan proses penerapan audit pemasaran dengan metode Competitive Audit berdasarkan kerangka kerja Strategic Marketing Plus 2000. Hasil dari analisis audit ini dapat digunakan oleh perusahaan sebagai dasar untuk memodifikasi strategi dan takik pemasarannya serta meningkatkan nilai dari perusahaan sehingga mampu beradaptasi dengan segala perubahan lingkungan bisnis.

Each company needs to do some business planning effectively in order to face the hyper competition in its industry so they will be able to adapt every change of the business environment. Marketing audit is one activities for achieving the success of each company, so they able to follow every changes of the business environment. In this thesis, the writer using an audit method called Competitive Audit that is based on the framework of the Strategic Marketing Plus 2000. On behalf of this audit there are two profiles should be prepared: Competitive Setting Profile and Company Alignment Profile. First, Competitive Setting Profile consists of three factors: Customer Demand, Competitor and Change Driver, there are some dimensions in every factor. Second, Company Alignment Profile is the one formed after having audited the marketing strategy, tactics, and value of the company. Using a gap analysis i.e. comparing the indexes of the two profiles: competitive setting index and company alignment index, a company will be able to evaluate its position compared with the industrial competitive level in which the concerned company is. This thesis takes a case study in PT HM Sampoerna to describe the process of competitive audit based on Strategic Marketing Plus 2000. The result of the analysis can be used for the company to modifj, its marketing strategy, tactics and also increasing value of the company in responding and adapting every change of the business environment

Kata Kunci : Strategi Pemasaran,Audit Pemasaran


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.