Analisa manajemen saluran distribusi sebuah perusahaan distribusi produk consumer goods di Jawa tengah
BUDHIARTO, Sugih, Dr. Adi Djoko Guritno, MSie
2002 | Tesis | Magister ManajemenPersaingan usaha pada masa ini bukan terjadi pada tingkat perusahaan saja, tetapi sudah terjadi di tingkat jaringan perusahaan. Jaringan perusahaan merupakan hubungan kerjasama antar perusahaan yang rnemiliki tujuan yang sama, biasanya tergabung dalam suatu saluran distribusi. Saluran distribusi merupakan salah satu bagian vital dari kegiatan operasional suatu perusahaan. Saluran distribusi harus mampu mengubah raw rnaferial dari supplier menjadi barang yang dikonsumsi oleh pengguna akhir. Pemilihan saluran distribusi yang tepat dan sesuai dengan karakteristik produk dapat rnenimbulkan suatu keunggulan bersaing, sebaliknya pemilihan saluran distribusi yang tidak sesuai dengan karakteristik produk justru akan menimbulkan kerugian bagi perusahaan. Sebagai sebuah perusahaan yang bergerak di bidang distribusi produk, PT. W harus menerapkan strategi saluran distribusi yang tepat agar tercipta suatu keunggulan bersaing. Dengan karakteristik produk fungsional, rnaka saluran distribusi harus disusun sehingga menghasilkan biaya yang efisien dan mampo rneningkatkan kinerja keuangan perusa haan
Level of competition in current market condition is not only applied at enterprise level but it has increasingly applied at network-enterprise. This network is about a corporation among enterprise with the same goal, usually at one supply chain. Supply chain is one of the most important parts of operational activity. It changes the raw material, from supplier, to a product that can be consumed by end consumers. Using the right supply chain that align with the product characteristic, will create a competitive advantage for the company, vice versa. As a consumer goods distributor, PT. W should apply the right distribution channel strategy to create competitive advantage. Having functional product as its main product, then the right distribution channel strategy to apply should achieve efficient cost and therefore can improve financial performance.
Kata Kunci : Manajemen Produk,Distribusi Produk, Distribution Channel, Functional Product, Financial Performance