Laporkan Masalah

Aliansi strategi sebagai upaya penguasaan dan penentuan posisi pasar global :: Studi kasus Aliansi strategi antara Aqua Grup dan Groupe Danone di Industri Air Minum dalam kemasan (AMDK) Indonesia

YUDHOYONO, Yudhi Samiaji, Prof.Dr. Sukanto Reksohadiprodjo, M.Com

2002 | Tesis | Magister Manajemen

Globalisasi ekonomi saat ini telah dan akan menciptakan arena kompetisi yang semakin bebas dan ketat. Sedangkan lingkungan bisnis dihadapkan pada cepatnya perubahan lingkungan. Adanya perubahan tersebut mengharuskan setiap organisasi yang ingin mempertahankan dan memenangkan persaingan harus proaktif terhadap perubahan. Organisasi harus mencari cara baru agar dapat bertahan atau memperoleh keunggulan bersaing. Sejalan dengan perkembangan dunia bisnis yang semakin pesat, ketergantungan perusahaan terhadap pihak-pihak diluar perusahaan semakin tinggi. Saat ini berbagai perusahaan mulai berpikir untuk saling melengkapi atau saling mendukung kegiatan satu dengan yang lain melalui kerjasama yang saling menguntung kan. Aliansi Strategi (Strategic Alliance) merupakan salah satu pilihan strategi yang dapat dipertimbangkan dan digunakan oleh perusahaan untuk dapat bertahan dan mengambil posisi setla menentukan posisi di era pasar global. Dengan Aliansi Strategi setiap perusahaan yang melakukan kerja sama, akan saling belajar, membagi dan melengkapi atas rantai nilai (value chain) yang dimiliki dengan tetap mempertahankan “otonomi” masing-masing. Keuntungan berupa keunggulan dan kekuatan bersaing (competitive advantage) untuk mempertahankan dan memenangkan persaingan akan diperoleh dari strategi ini untuk jangka waktu panjang. Topik yang diangkat dalam tesis ini adalah analisa atas strategi aliansi yang dilakukan oleh AQUA GRUP dengan patner asingnya, GROUPE DANONE. Analisa didasarkan atas suatu metode yang dikembangkan oleh Graebner (1 998) dan Yoshino and Rangan (1995) yaitu bagaimana perusahaan dapat sukses dalam melaksanakan strategi aliansi. Apabila perusahaan telah memenuhi kriteria sebagaimana dimaksud dalam metode tersebut, maka diperkirakan strategi aliansi yang dilaksanakan akan membawa manfaat kepada pelakunya sebagaimana diinginkan

Economic globalization had created competitive area which more freely and tightly. Even though the business face on the quick changes of environment. The changes make every organization who consider to survive and to win the competitions, have to more proactive to the changes. The organization should find a newly way to hold on and get competitive advantage. Referring to business area that growing faster, the company depend to others more higher. The company should rethinking to support which other activities through favourable partnership. Strategic alliances are one of strategic alternatives, the company could consider or use it for hold or take position in the global markets. With a strategic alliances, the companies will be to learn, to share and to completely the value chains, in other hand still to maintain their “autonomy”. Beneficial of competitive advantages to defend and to win the competitions, will acquired on long times with this strategy. The thesis will analyze strategic alliance that had be done by AQUA GRUP and their the foreign partner, GROUPE DANONE. The analysis based on a method which developed by Graebner (1998) and Yoshino and Rangan (1995) that is how the company to success and implementing the strategic alliance. If the company had fulfilled the clauses of strategic alliances, will be give benefits to the companies had considered.

Kata Kunci : Strategi Persaingan,Posisi Pasar, Strategic Alliances - Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) - Bottled Water - AQUA GRUP - GROUPE DANONE


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.