Laporkan Masalah

Penerapan Balance Scorecard, Studi Kasus PT. Multi Kharisma Perkasa

NILA ANGGARINI PUTERI, Bambang Riyanto L.S., Prof., Dr., M.B.A., CMA.

2014 | Tesis | S2 Manajemen

PT. Multi Kharisma Perkasa adalah perusahaan yang bergerak pada bidang distribusi produk-produk NDT (Non Destructive Testing). NDT adalah sebuah rangkaian aktivitas yang digunakan untuk melakukan pengecekan pada material tanpa harus merusak dengan metode-metode tertentu. PT. Multi Kharisma Perkasa atau yang biasa disingkat MKP, telah bergelut di bidang usaha ini sejak tahun 1996. Produk unggulan yang dimiliki MKP adalah Krautkrammer dan memegang status agen tunggal untuk produk tersebut. Namun sejak Krautkrammer diakuisisi oleh GE di tahun 2004, MKP kehilangan statusnya sebagai agen tunggal Krautkrammer di Indonesia. Agar bisnis tetap berjalan, MKP bekerjama dengan Sonatest Ltd dari UK dan berhasil menyandang status agen tunggal Sonatest untuk wilayah Indonesia. Namun kerjasama tersebut tidak memberikan keuntungan yang optimal karena pelanggan masih belum tahu akan produk-produk dari Sonatest Ltd. Oleh karena itu di tahun-tahun awal setelah kehilangan keagenan Krautkrammer, MKP bekerja keras dalam melakukan promosi produk-produk Sonatest. Faktanya, setelah promosi dilakukan terus menerus, tidak memberikan kenaikan keuntungan pada perusahaan. Bahkan cenderung mengalami penurunan kinerja sejak tahun 2008 hingga 2013. Setelah ditelusuri, ternyata sistem pengukuran kinerja di MKP masih menggunakan sistem yang tradisional, yaitu pengkuran hanya pada aspek finansialnya saja. Aspek finansial saja tidak efektif untuk mengukur kinerja perusahaan karena masih ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan untuk mendukung bisnis. Oleh karena itu akan digunakan balanced scorecard (bsc) yang pertama kali diperkenalkan oleh Kaplan dan Norton di tahun 1992. Pada bsc ini akan diukur kinerja perusahaan dari 4 perspektif, yaitu perspektif finansial, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Keempat perspektif ini masing-masing memiliki sasaran, ukuran, target dan inisiatif yang akan dianalisa. Hasil analisa menunjukkan bahwa keempat perspektif tersebut saling terkait dan memberikan kontribusi satu sama lain. Berdasarkan hasil scorecard, masih banyak aspek-aspek yang harus diperbaiki karena implementasi terhadap strategi yang dimiliki MKP masih belum dilakukan dengan optimal. Aspek yang paling mendasar untuk dilakukan perubahan dan perbaikan adalah melalui perspektif pertumbuhan dan pembelajaran, yaitu dari sisi pengembangan kompetensi dan produktivitas pegawai.

PT. Multi Kharisma Perkasa is a company that specialized in the distribution of NDT's products. NDT is well known as Non Destructive Testing, which is a series of activities using a certain method to check on the material without damaging it. PT. Multi Kharisma Perkasa or commonly abbreviated as MKP, has been working in this business since 1996. MKP have its own prime product which is Krautkrammer and holding the status of sole agents for these products. But since Krautkrammer acquired by GE in 2004, MKP lost its status as the sole agent of Krautkrammer in Indonesia. In order to keep the business running, MKP collaborating with Sonatest Ltd. From UK and have managed to hold the status of Sonatest sole agent in Indonesian territory. However, the collaboration does not provide optimal benefits for the company because customers still haven't aware on Sonatest's products. Therefore, in the early years after losing Krautkrammer agency, MKP doing a lot of hard work in promoting the Sonatest's productt. In fact, after done the promotion continuously, seems like it didn't give any contribution into company income. Moreover its decrease the company performance 2008 to 2013. After some researches, turns out a performance measurement system in MKP are still using the traditional system, which is only measure company performance at finance aspect. Using financial aspects alone are not effective for measuring the company's performance because there are still some aspects that need to be considered to support the business. This is where balanced scorecard took place. The company performance will be measured by balanced scorecard which was first introduced by Kaplan and Norton in 1992. Four perspectives will be measured at balance scorecard which are financial perspective, customer perspective, internal business processes, and learning and growth perspectives . These four perspectives each have goals, size, targets and initiatives that will be analyzed. Result of the analysis showed that the four perspectives are interrelated and contribute to each other. Based on the results of the scorecard, there are still many aspects that need to be repaired due to the implementation of the strategy that MKP owned are not done optimally. The most fundamental aspect of change and improvement inside the company is through the learning and growth perspective, which is in terms of how MKP improve the competency and employee productivity.

Kata Kunci : NDT, balanced scorecard


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.