PERENCANAAN BISNIS KICK AND RUSH CAFE
RIZNUL AMRI, Sahid Susilo Nugroho, Dr., M., Sc.
2016 | Tesis | S2 ManajemenSepak bola adalah olah raga yang populer dimata masyarakat Indonesia. Sepak bola tidak hanya dapat dijadikan olah raga sebagai aktivitas, akan tetapi dapat juga menjadi tontonan bagi masyarakat. Liga inggris merupakan liga paling populer di D.I.Yogyakarta jika diurutkan dari jumlah Follower Twitter supporter lokal per tim. Suporter tim sepak bola liga inggris atau biasa disebut dengan sebutan fans biasanya membentuk kelompok berdasarkan kesamaan tim yang didukung, membuat akun media sosial dan kemudian mengadakan acara nonton bersama di kafe. masih belum adanya kafe yang secara totalitas membawa aksen sepak bola menjadi peluang bagi Kick and Rush Cafe. Daerah Istimewa Yogyakarta yang berpredikat sebagai kota pelajar, memiliki 135 sekolah tinggi dan 279.755 mahasiswa aktif. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan penulis, Kick and Rush Cafe akan dibuka di jalan Seturan. Kick and Rush Cafe adalah kafe yang bernuansakan sepak bola, kafe seperti sudah ada dipraktekan di Inggris dengan nama Cafe Football. Kick and Rush Cafe nantinya memiliki beberapa kesamaan dan perbedaan dengan Cafe Football, salah satu perbedaanya adalah target konsumen, jika Cafe Football lebih ke masyarakat dengan ekonomi menengah keatas, maka Kick and Rush Cafe mentargetkan mahasiswa sebagai konsumen utama. Investasi yang dibutuhkan dengan proyeksi lima tahun adalah Rp 526.943,676. Hasil analisis pada skenario pesimis, normal, dan optimis, semua menunjukkan NPV positif, sehingga bisnis ini dapat dikatakan layak untuk untuk direalisasikan.
Football is a popular sport in the eyes of the people of Indonesia. Football is not only used as sports or as an activity, but it can also serve as a spectacle for the masses. Premier League is the most popular league in the Special Province of Yogyakarta if its ranked from local supporters Twitter followers numbers per team. Supporters of Premier League football team or commonly referred to as fans, usually form groups based on the commonly-backed team, creating social media accounts and then holding a gathering to watch the match together at a cafe. Yet a cafe that in totality brings football accents emerges as an opportunity for Kick and Rush Cafe. Daerah Istimewa Yogyakarta or in English, Special Province of Yogyakarta, is predicated as a student city, it has 135 high schools and 279.755 active students. Based on the observations that have been done by the author, Kick and Rush Cafe will be opened on the Seturan street. Kick and Rush Cafe is a cafe that has football nuances, as it is already practiced in the U.K. under the name of Cafe Football. Kick and Rush Cafe will have some similarities and differences with Football Cafe, one difference is the target consumer, if Cafe Football is more oriented to the middle and upper economic community, then, Kick and Rush Cafe is targeting students as the main consumers. The investment needed with a five-year projection is Rp.526.943, 676. The results of the analysis on the pessimistic, normal, and optimistic scenarios, all show a positive NPV, so that the business can be said to be feasible for to be realized.
Kata Kunci : sepak bola, kafe, suporter.