ANALISIS PENGUKURAN KINERJA MENGGUNAKAN BALANCED SCORECARD PADA UPT PUSKESMAS SULANG
RANI RAHADINA, Siti Muslihah, SE., M.Sc.
2016 | Tugas Akhir | D3 AKUNTANSI SVPenelitian ini membahas mengenai pengukuran kinerja organisasi menggunakan metode Balanced Scorecard sebagai sebuah metode yang mampu diaplikasikan ke dalam organisasi sektor publik. Selama ini pengukuran kinerja sektor publik masih bersifat internal dan lebih berfokus pada tujuan jangka pendek. Oleh karena itu, pengukuran kinerja menggunakan Balanced Scorecard (perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif bisnis internal serta perspektif pembelajaran dan pertumbuhan) menawarkan solusi pengukuran kinerja yang lebih menyeluruh dan komprehensif dalam suatu organisasi. Objek penelitian ini adalah UPT Puskesmas Sulang. Penelitian dilakukan dengan mengambil data selama 3 tahun, yaitu dari tahun 2012-2014, dimana peneliti melakukan evaluasi kinerja antar periode kemudian membandingkan dengan target yang telah ditetapkan dan kemudian diberi skor sesuai dengan kriteria. Data diperoleh melalui studi pustaka dan data sekunder puskesmas. Sedangkan untuk teknik analisis data peneliti menggunakan teknik analisis interaktif yaitu melaui tiga tahap reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil analisis yang sudah dilakukan peneliti kesimpulannya bahwa pengukuran kinerja UPT Puskesmas Sulang dengan menggunakan metode Balanced Scorecard yaitu perspektif keuangan sudah memenuhi standar ekonomis, efisien dan efektif, perspektif pelanggan sudah memenuhi standar dalam kategori baik, perspektif bisnis internal sudah memenuhi standar dalam kategorin baik serta perspektif pembelajaran dan pertumbuhan juga sudah memenuhi standar dalam kategori baik.
This study discusses the measurement of organizational performance using the Balanced Scorecard method as a method that can be applied to the public sector organizations. During the measurement of public sector performance is still internal and focus more on short-term goals. Therefore, measurement of performance using the Balanced Scorecard (financial perspective, customer perspective, internal business perspective and learning and growth perspective) performance measurement solutions offer a more thorough and comprehensive in an organization. The object of this study was UPT Puskesmas Sulang. The study was conducted by taking data for 3 years, from the year 2012 to 2014, where researchers evaluate the performance between periods and then comparing with the set targets and then given a score according to the criteria. Data obtained through literature and secondary data puskesmas. As for the data analysis techniques researchers use interactive analysis technique that is through the three stages of data reduction, data presentation and conclusion. The results of the analysis that has been conducted by researchers at the conclusion that the measurement of the performance of UPT Puskesmas Sulang using the Balanced Scorecard the financial perspective already meet the standards of economic, efficient and effective customer perspective to meet the standard in either category, internal business perspective to meet the standard in kategorin well as perspectives learning and growth is also already meet the standards in both categories.
Kata Kunci : Pengukuran kinerja, Balanced Scorecard, Puskesmas.