Penelitian Unjuk Kerja Terbaik Pada Mobil Dengan Engine 1000cc
LUTHFI ISYRAQI MILZAM, Prof. Dr. -Ing. Harwin Saptoadi, M.SE.
2016 | Skripsi | S1 TEKNIK MESINMobil dengan kapasitas engine sebesar 1000cc menjadi primadona baru dalam pemilihan moda transportasi bagi masyarakat Indonesia sehingga dilakukanlah penelitian untuk mengetahui performance dari mobil tersebut. Pengujian dilakukan dengan menggunakan chassis dynamometer sebagai alat ukurnya dimana akan didapatkan torsi, power, dan AFR dari engine tersebut dengan hasil yang mendekati hasil pengoperasian nyata dalam pemakaian sehari � hari. Parameter utama yang diteliti dalam penelitian ini adalah SFC dimana parameter tersebut menggambarkan efisiensi engine dalam menggunakan bahan bakar untuk menghasilkan daya. Penelitian ini menggunakan gear 3, gear 4, dan gear 5 dalam penelitian untuk mencari efisiensi terbaik dari engine mobil tersebut. Didapatkan berdasarkan hasil penelitian bahwa pada gear 3 didapatkan nilai torsi maksimum sebesar 67,2 Nm (pada kecepatan 70 km/h, 4270 rpm), power maximum sebesar 39,5221 kW (pada kecepatan 100 km/h,5840 rpm), SFC minimum sebesar 315,47 g/kWh (pada kecepatan 80 km/h,4830 rpm), dan efisiensi termal terbaik sebesar 34,78% (pada kecepatan 100 km/h,5840 rpm). Pada gear 4 didapatkan nilai torsi maksimum sebesar 75 Nm (pada kecepatan 100 km/h, 3850 rpm), power maximum sebesar 42,5049 kW (pada kecepatan 160 km/h, 6120 rpm), SFC minimum sebesar 315,47 g/kWh (pada kecepatan 80 km/h,4830 rpm), dan efisiensi termal terbaik sebesar 34,78% (pada kecepatan 100 km/h,5840 rpm). Pada gear 5, didapatkan nilai torsi maksimum sebesar 78 Nm (pada kecepatan 100 km/h, 3120 rpm), power maximum sebesar 41,7592 kW (pada kecepatan 170 km/h, 5290 rpm), SFC minimum sebesar 262,847 g/kWh (pada kecepatan 140 km/h, 4360 rpm), dan efisiensi termal terbaik sebesar 39,6% (pada kecepatan 160 km/h, 4980 rpm).
Cars with engine capacity of 1000 cc become the new top choice in the selection of new modes of transportation for Indonesian people that this research was conducted to know the performance of the car. Testing is done by using a chassis dynamometer as the means of measurement which would obtained the torque, power, and AFR of the engine with results close to the results in the real operation of daily use. The main parameters studied in this research is the SFC which depicts the parameters of engine efficiency in using fuel to generate power. This study uses a third gear, fourth gear, and fifth gear in the search for the best efficiency of the engine of the car. Obtained by the research that the third gear obtained a maximum torque value of 67.2 Nm (at a speed of 70 km / h, 4270 rpm), maximum power of 39.5221 kW (at a speed of 100 km / h, 5840 rpm, minimum SFC of 315,47 g/kWh (at 80 km/h,4830 rpm), and have the best thermal efficiency of 34,78% (at 100 km/h,5840 rpm). In the fourth gear, obtained maximum value torque of 75 Nm (at a speed of 100 km / h, 3850 rpm), maximum power of 42.5049 kW (at a speed of 160 km / h, 6120 rpm, minimum SFC of 277,209 g/kWh (at 120 km/h, 4620 rpm), and best thermal efficiency at 37,5% (at 140 km/h, 5380 rpm). In gear 5, maximum torque of 78 Nm (at a speed of 100 km / h, 3120 rpm), maximum power of 41.7592 kW (at a speed of 170 km / h, 5290 rpm), minimum SFC of 262,847 g/kWh (at 140 km/h, 4360 rpm), and best thermal efficiency of 39,6% (at 160 km/h, 4980 rpm).
Kata Kunci : Unjuk kerja, mesin bensin, SFC, efisiensi termal