Laporkan Masalah

STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN GULA PASIR PT. PERKEBUNAN NUSANTARA VII BANDAR LAMPUNG

M RIZA OCTA WAHYU ADITYA, Rahayu, S.I.P., M.Si., M.A.

2016 | Skripsi | S1 ILMU KOMUNIKASI

Penelitian ini berjudul Strategi Komunikasi Pemasaran Gula Pasir PT. Perkebunan Nusantara (Persero) Bandar Lampung PTPN VII merupakan produsen gula pasir yang mempunyai konsep penggabungan antara unsur product dan entertainment. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengevaluasi bagaimana strategi komunikasi pemasaran yang digunakan oleh bagian marketing PTPN VII dalam menarik minat konsumen sebagai konsumen setia, dimana hal ini dilakukan untuk menghadapi persaingan pemasaran gula pasir di Bandar Lampung dan kota-kota sekitarnya. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif, menggunakan metode penelitian deskriptif, yaitu penelitian yang berusaha untuk mengembangkan konsep-konsep, menghimpun fakta, tetapi penelitian ini tidak dimaksudkan untuk pengujian hipotesis (anggapan sementara) berdasarkan teori-teori tertentu. Pada penelitian ini data diperoleh melalui trianggulasi: wawancara, observasi, dan studi pustaka. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif, dan disajikan dalam bentuk uraian yang disusun secara detail dan sistematis. Strategi komunikasi pemasaran yang digunakan oleh bagian marketing PTPN VII untuk menghadapi permasalahan tersebut adalah strategi internal dan eksternal perusahaan. Strategi internal bertujuan untuk memperkuat pola kerja yang bagus sehingga terjalin hubungan dan iklim kerja yang kondusif. Strategi eksternal bertujuan untuk membuat image yang baik di masyarakat. Adapun untuk menarik minat konsumen terhadap produk gula pasir yang ada, yaitu menggunakan pendekatan personal, membangun jalinan yang baik dengan media, menggunakan alat-alat pendukung pemasaran seperti brosur, spanduk, leflet, dan untuk menumbuhkan citra yang baik atau citra positif dengan melakukan kegiatan sosial. Pada saat ini, strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh bagian marketing PTPN VII sudah efektif, hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya jumlah konsumen dan jumlah member yang terus bertambah.

This research entitled The Marketing Communications Strategy of Sugar Product in PT. Perkebunan Nusantara VII (State-Owned, PTPN VII), Bandar Lampung.PTPN VII is a producer of sugar that has the concept of a merger between the elements and the entertainment product. This research is purposed to identify and evaluate how the marketing communications strategy is used by the marketing PTPN VII in attracting consumers as loyal customers, where it is made to face the competition of marketing sugar in Bandar Lampung and the surrounding towns. The research type is a qualitative research, using descriptive research method, the research seeks to develop concepts, gather facts, but the research is not intended to test the hypothesis based on specific theories. In this research, the data is obtained through triangulation method, i.e. interviews, observation, and literature. Data are analyzed qualitatively and presented in the form of a description drawn up in detail and systematically. The research results show that the marketing communications strategy is used by the marketing PTPN VII to confront these problems are internal and external strategies. Internal strategy aims to strengthen good working pattern so intertwined relationships and favorable work climate. External strategy aims to create a good image in the community. As to attract customers to the products of sugar that exist, namely the use of a personal approach, building fabric of the good with the media, using the tools of marketing support such as brochures, banners, leaflet, and to foster a good image or a positive image with social activities, At this time, the marketing communication strategy undertaken by the marketing of PTPN VII are effective, this is evidenced by the increasing number of customers and the number of members continues to grow.

Kata Kunci : strategi komunikasi pemasaran, gula pasir, PTPN VII,