Laporkan Masalah

Desain pengembangan sistem informasi pada hotel Jayakarta Yogyakarta

UMAR, Abdullah, Drs. Haryono, M.Com

2002 | Tesis | Magister Manajemen

Berangkat dari fenomena industri yang terobsmasi, penelitian ini ditujukan mtuk melakukan identifikasi terhadap sumber-sumber informasi yang ada pada perusahaan sehingga mmpu meningkatkan pelayanan kepada konsumen serta menjadi salah satu starategi perusahaan di dalam meningkatkan daya saing perusahaan. Obyek penelitian adalah industri perhotelan, dalam hal ini adalah Hotel Jayakarta Yogayakarta dengan batasan ruang lingkup internal, dengan data yang dianalisis meliputi semua data dan informasi dari Hotel Jayakarta. Hotel Jayakarta Yogyakarta yang merupakan salah satu dari Jayakarta Group, merupakan pausahaan dalam industri perhotelan. Dengan kondisi persaingan yang sangat ketat ini, maka pihak hotel Jayakarta hams mampu melakukan antisipasi ke depan dalam rangka meningkatkan jumlah hunian kamar. Has2 yang diperoleh pada penelitian ini menunjukkan bahwa pada Hotel Jayakarta menggunakan jalur infomi yang semi-manual, yaitu dengan menggunakan tenaga manusia dalam menyebarkan informasi dan komputer yang ada tidak digunakan secara maksimal dalam penyebaran informasi. Pemanfaatan sistem informasi dengan menggunakan komputerisasi tentunya dapat dimanfaatkan oleh salah satu bagian pada hotel Jayakarta, misalnya pada bagian fiont office. Sementara itu, hasil analisis juga merekomendash pilihan aplikatif ddam melakukan pengembangan sistem informasi yang terintegrasi dengan memanfaatkan komputer antar beberapa departemen yang ada, sehingga dapat mempercepat penyebaran informasi. Hal ini ditujukan terutama pada bagian fiont office sebagai pintu utama penerimaan konsumen. Karena dengan sistem reservasi yang terpadu maka pelayanan kepada konsumen diharapkan semakin baik.

From the observed industry phenomenon, this research aimed at identifjmg information resources in the company so it can enhances services for the customers and then becomes one of company’s strategic choices in leveraging company’s competitiveness. Object of the research was Jayakarta Hotel Yogyakarta and analyzed data was data and information only about Jayakarta Hotel. Jayakarta Hotel Yogyakarta is a member of Jayakarta Group, a company in hotel industry. In the competitive environment these days, Jayakarta Hotel has to be able to anticipated it in order to leverage rate of occupancy. The research shows that Jayakarta Hotel uses semi-manual information lines, which are employees spread the information and available computer is not used at it’s best. Use of information system by computerize the line surely useful for unless a part Jayakarta Hotel, say, fiont office. Meanwhile, fiom the analysis result, we recommend an applicable choice in developing integrated information system by computerize the interdepartment lines to accelerate speed of information. Especially for fiont office as the main entrance of the customers. Better integrated reservation system at front office hopefully will serves the customers better than ever.

Kata Kunci : Sistem Informasi Manajemen,Industri Perhotelan, System Information, hotel industry, front ofJice, computer based


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.