Laporkan Masalah

Strategi pemasaran Rumah Sakit Umum Daerah Prof.Dr. Soekandar Kabupaten Mojokerto

NAFHUZY, Adhy, Ir. Hilman Najib, MA

2002 | Tesis | Magister Manajemen

Diberlakukannya otonomi daerah telah membawa penibahan pada penyelenggaraan rumah sakit umum di daerah utamanya rumah sakit Umum Daerah (RSUD) Prof. Dr. Soekandar Kabupaten Mojokerto. Sebagai lembaga yang berada dibawah pemerintah daerah dituntut untuk dapat mandiri dan dapat diandalkan sebagai salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD). Akibatnya terjadi pergeseran dimana rumah sakit tidak hanya mengemban misi sosial didalam pelayanan kesehatan basyarakat tetapi sudah mengarah pada profit oriented. Sebagai sebuah organisasi laba, rumah sakit harus dapat bersaing dengan rumah sakit lainnya agar dapat bertahan dan berkembang dimasa mendatang. Sebagai rumah sakit yang baru berdiri, RSUD Prof. Dr. Soekandar hams menentukan strategi yang tepat agar dapat mempertahankan dan meningkatkan daya saingnya. Untuk membuat strategi yang tepat diperlukan identifikasi faktor-fahtor internal yang dimiliki. Internship ini bertujuan melihat kembali strategi yang telah dan sedang dilaksanakan, menganalisis lingkungan internal dan eksternal, serta 1 ingkungan makro dan melakukan formulasi strategi yang dapat diambil oleh RSUD Prof. Dr. Soekandar dengan mencari alternatif strategi pemasaran yang dapat di terapkan sebagai upaya untuk memperbaiki kelemahan dan mencari peluang yang bisa dikembangkan oleh RSUD Prof. Dr. Soekandar di masa mendatang . Hasil analisis dengan pendekatan SWOT bertujuan untuk memformulasikan strategi perusahaan dengan memadukan kekuatan dan kelemahan rumah sakit dengan ancaman dan peluang yang dihadapi. Sedangkan analisis lingkungan persaingan untuk mengetahui lima kekuatan Pve forces) didalam industri rumah sakit. Dari formulasi strategi yang dilakukan, diketahui bahwa posisi RSUD Prof Dr. Soekandar berada pada kuadran 1, sehingga strategi yang dapat ditempuh adalah strategi yang berorientasi pada pertumbuhan pasar berdasarkan segmen atau mengembangkan pasar secara agresif. Sedangkan strategi pemasaran yang dapat di tempuh adalah pengembangan produk, perluasan pasar dan konsentrasi

The validation of the regional autonomy has brought abaout some changes on the management of the general hospital especially Prof. Dr. Soekandar Regional General Hospital, Mojokerto Regency. As an institution under the Local Government, it should be self sufficient and can be the mainstay to be one of the source of the Regional Original Income (PAD). As a result, there has been a displacement in wich the hospital in not only responsible for the social mission in the public health service but also to be profit oriented. As a profit oriented organization, the hospitals should be able to compete with one another in order to be able to persist and develop in the future. As a new founded hospital, the Prof. Dr. Soekandar Regional General Hospital should determine the appropriate strategi in order to be able to defend and increase its competitive ability. To make the appropriate strategy, it is necessary to identify its external and own internal factors. The purpose of this internship is to review the existed and developing strategy, to analyse the internal and external environment as well as the macro invironment, and to formulate the strategy that can be made by the Prof. Dr. Soekandar Regional General Hospital by seeking the alternative for the marketing strategy that can be applied as an attempt to improve its weakness and to look for the opportunity that can be developed by this hospital in the future. The result of the analysis using the SWOT approach are aimed to formulated the strategi of the company by combining the pro and con of the hospital with the competition is aimed to know five forces in the hospital industri. From the formulation of the strategy beeing done, it is known that the position of Prof. Dr. Soekandar Regional General Hospital is in the first quadrant so tha the strategy that can be reached is the strategy that oriented on the growth of marketing based on the segmen or develop the market vigorously, while the marketing strategy that can be reached is the development of the product, market, and consentration

Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Rumah Sakit, RSUD Kabupaten Mojokerto, Mojokerto Hospital Marketing.


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.