Persepsi penilaian konsumen terhadap merek rokok rendah tar dan rendah nikotin
PERDANA, Aditya, Dr. BM. Purwanto, MBA
2002 | Tesis | Magister ManajemenPersepsi konsumen mempunyai peranan penting dalam memberikan kesan suatu merek terhadap produk itu sendiri. Konsumen pun selalu cenderung mengevaluasi merek-merek apa saja yang dianggap dapat memenuhi kebutuhannya dan bahkan mencari informasi tambahan yang relevan dengan kebutuhannya itu sebelum melakukan keputusan pembelian. Dalam ha1 ini juga bisa tercemin faktor-faktor apa saja yang sekiranya menjadi pertimbangan penting dalam memutuskan salah satu merek atau merek lainnya. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur persepsi konsumen terhadap merek rokok rendah tar dan rendah nikotin yang beredar di pasar Yogya sekaligus mengidentifikasi kriteria penilaian konsumen dalam memilih merek. Dalam study ini ada 5 merek yang diteliti yaitu Djarum Black, Star Mild, A Mild, Bentoel Mild, dan LA Light. Penelitian ini menggunakan analisis faktor sebagai alat dalam mengidentifikasi faktor-faktor tersebut. Kriteria penelitian terdiri dari 4 faktor yang telah teridentifikasi oleh analisis faktor yaitu (1) aspek fisik yang terdiri dari atribut wama kemasan, desain kemasan, bahan kemasan, bentuk kemasan, ukuran kemasan, bentuk rokok, dan ukuran rokok; (2) aspek citra yang terdiri dari atibut iklan yang disampaikan melalui media massa dan media cetak, sponsor event, program-program sosial, reputasi perusahaan rokok, merek rokok, desain logo rokok, dan wama logo merek; (3) aspek informasi produk yang terdiri dari atribut label peringatan merokok, IabeI kandungan rokok, dan kandungan tar dan nikotin; (4) aspek nilai yang terdiri dari atribut bau rokok, rasa rokok, harga 1 bungkus rokok, dan kemudahan dalam mendapatkan. Selain itu dalam penelitian ini ditemukan bahwa mereka Mild memiliki keunggulan dibandingkan dengan merek-merek yang lain.
Customer perception plays an important role in gitllig an impression of a brand. Customers also tend to evaluate each brand that is supposed to be able to fulfill their needs before they decide to buy. This also includes what factors that may be used as important considerations in deciding to choose brand. The objectives of the study are to measure customer perception on cigarette brands with low tar and nicotine available in the Yogya market and to identify customer evaluation criteria in choosing the brands. There are five Brands being studied which are Djanun Black, Star Mild, A Mild, Bentoel Mild, and LA Light. The study used factor analysis to identify the criteria employed. The evaluation criteria consist of 4 factor as identification by factor analysis, which are (1) physical aspect including packing color, design, material and form, and cigarette form and size attributes; (2) image aspect including advertisement in mass media and printed media, event sponsor, social programs, company reputation, brand, logo design, and logo brand color attributes; (3) product information aspect including warning label for smoking, cigarette, tar and nicotine contents attributes; (4) value aspect including smell, taste, price per pack, and ease of use attributes. Furthermore, the study found that A Mild is superior to the other brands.
Kata Kunci : Persepsi Konsumen,Merek Rokok Rendah Tar dan Nikotin, erception, attributes, brand, factor