Analisis Gaji dan Loyalitas Karyawan Supir Bus Pariwisata di PO Dika Trans Dika Trans
KANIF HAFIZH AULIAN, Ihda Arifin Faiz, SE., M.Sc.
2015 | Tugas Akhir | D3 AKUNTANSI SVPO Dika trans adalah perusahaan otobus yang berdiri pada tanggal 1 Oktober 2008. Perushaan ini terletak di kota klaten beralamat di Tegalasin, Wiro, Bayat, Klaten, Jawa tengah. Dalam jasa biro persewaan bus pariwisata PO Dika Trans menerapkan sistem premi murni dalam penggajian yang diberlakukan, oleh karena itu peneliti ingin meneliti kecenderungan hubungan gaji dan loyalitas karyawan supir bus pariwisata di PO Dika Trans dengan cara memberikan kuesioner, wawancara kepada narasumber, observasi dan studi kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aspek kompensasi finansial memiliki kecenderungan terhadap loyalitas karyawan supir bus pariwisata di PO Dika Trans. Hal ini dibuktikan dengan hasil kuesioner aspek kompensasi finansial respoden menyatakan kepuasan dari gaji yang mereka terima dengan presentase sebesar 88%. dan selama 8 tahun menunjukan loyalitas yang cukup tinggi sebesar 89%. Hal ini di tunjukan dengan dengan presentase loyalitas kepada perusahaan lebih besar besar 55% dibanding dengan intensi turnover sebesar 45%
PO Dika trans otobus company which was established on 1 Octobe 2008. It is located in the Business Process klaten town located at Tegalasin, Wiro, Bayat, Klaten, Central Java. In the tourist bus rental services bureau PO Dika Trans implement the system in a pure premium imposed payroll, therefore researchers wanted to examine the relationship tendency salaries and employee loyalty bus driver tourism PO Dika Trans by providing questionnaires, interviews to informants, observation and study of literature , Based on the results of this study concluded that the financial compensation aspects of employee loyalty has a tendency toward the bus driver tourism at PO Dika Tran. This is evidenced by the results of the questionnaire respondents stated financial compensation aspects of the satisfaction of the salary they receive with a percentage of 88%. and for 8 years showed a high enough loyalty by 89%. This is shown by the percentage of greater loyalty to the company greater of 55% compared with 45% turnover intention
Kata Kunci : Keywords: relationships, loyalty, satisfaction, PO Dika Trans.