PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF MELALUI CURATED MARKET Studi Kasus: Manajemen Komunikasi Brightspot Market Dalam Membangun Industri Kreatif
FIRMAN YUSA FIRDIAN, Dian Arymami
2016 | Skripsi | S1 ILMU KOMUNIKASISaat ini pemerintah semakin fokus dalam mengembangkan bidang ekonomi kreatif. Salah satu industri kreatif yang berkembang di Indonesia adalah Industri yang berbasis dengan 'kurasi' atau biasa disebut dengan pasar ter-kurasi (curated market). Populernya curated market di Indonesia diawali dengan kesuksesan diselenggarakanya acara Brightspot Market pada tahun 2009. Semakin banyaknya perhelatan serupa membuat tren curated market semakin berkembang dan menjadi hal yang digandrungi oleh masyarakat terutama kaum muda. Acara ini memiliki potensi jangka panjang yang terus akan berkembang. Selain itu, curated market sendiri secara umum juga dapat terus dikembangkan mengingat masih banyaknya potensi pasar yang belum terjamah oleh curated market. Tentunya manajemen komunikasi yang matang diperlukan untuk merealisasikan pengembangan tersebut. Tujuan Penelitian ini adalah Mendeskripsikan manajemen komunikasi melalui curated market khususnya Brighspot Market dalam mendorong perkembangan industri kreatif di Indonesia serta Menganalisis manajemen komunikasi melalui curated market khususnya Brightspot Market dalam mendorong perkembangan industri kreatif di Indonesia. Metode penelitian menggunakan kualitatif, dengan tekhnik pengumpulan data langsung mengumpulkan dari lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Curated Market dapat mengembangkan brand-brand lokal. Brigspot market sangat membantu brand lokal untuk ikut bersaing di dunia bisnis untuk menjadi sebuah industri. Kontribusi yang positif dari keberhasilan penyelengaraan Brightspot Market juga dapat menginspirasi curated market lain, sehingga turut terbangun kompetisi industri kreatif secara sehat. Hal ini dikarenakan Brightspot Market yang dinilai telah menjadi suatu platform bagi penyelenggaraan curated market di Indonesia. Keberhasilan Brightspot Market tidak dapat dilepaskan dengan manajemen komunikasi dalam penyelenggaraan Brightspot Market. Hasil penelitian menunjukkan bahwa unsur-unsur dalam manajemen komunikasi telah dilakukan dengan baik dan dapat berjalan efektif, sehingga tujuan yang diharapkan tercapai. Kesimpulan penelitian ini adalah manajemen komunikasi sangat memepngaruhi penyelenggaran Brighspot Market sebagai pengembangan industri kreratif.
Currently, the government increasingly focused in developing the field of creative economy. One of the creative industries are growing in Indonesia is based industry with the "curated" or commonly referred as market-curation (curated market). Curated Market popular in Indonesia began with the success of its events held by Brightspot Market in 2009. The number of similar events make Curated Market growing trend and become loved by the public, especially young people. This event has long-term potential continues to grow. Additionally, Curated Market themselves in general can also continue to be developed considering in many untapped market potential by curated market. Surely mature communication management needed to realize such a development. This study is describes the purpose of communication management through Curated Market especially Brighspot Market in encouraging the development of creative industries in Indonesia. Using qualitative research methods, the techniques of data collection directly collect from the field. These results indicate that Curated Market can develop local brands. Brigspot market very support to local brands to compete in the business world to be a positive industry. The success of Brightspot Market can also inspire others events, so that helped them to develop the creative industries in a well competition. This is because Brightspot Market is considered to be a platform for the implementation of curated market in Indonesia. The success of Brightspot Market can't be released by the communication management of Brightspot Market. The results showed that the elements in communication management has done well and can run effectively, so that the expected goals achieved. The conclusion of this study is the developing of creative industry through curated market is influenced by Brightspot Market management communication it self.
Kata Kunci : Curated Market, Brightspot Market, Indutri Kreatif.