ONLINE SHOPPING SEBAGAI ALTERNATIF BERBELANJA MASYARAKAT MELEK GADGET
AVIKA ROCHMAWATI I, Dr. Suzie Handajani, M.A.
2016 | Skripsi | S1 ANTROPOLOGI BUDAYAABSTRAKSI Kehadiran dunia digital di era modernisasi ini telah membawa pengaruh terhadap cara orang berbelanja. Belanja kini tidak hanya dilakukan secara face to face, melainkan dapat berlangsung melalui internet. Berbeda dengan toko konvensional, di toko online konsumen tidak dapat melihat barang yang diperdagangkan secara real. Mengingat interaksi dalam transaksi jual-beli online dilakukan di dunia maya, barang yang diperdagangkan pun hanya dapat ditampilkan melalui gambar dan teks. Penelitian ini tertarik untuk melihat bagaimana masyarakat mampu menerima kehadiran online shopping sebagai sebuah alternatif berbelanja, walaupun dalam prosesnya terbatasi oleh internet? Untuk menjawab pertanyaan tersebut akan ada in-depth interview yang digunakan sebagai metode dalam penelitian ini. Ada 6 informan yang dipilih secara acak untuk diwawancarai dengan kriteria pernah melakukan belanja online. Adapun temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa melalui belanja online dapat menghemat waktu, biaya, dan tenaga; visual dan gambar; dan juga lingkungan sosial dari hasil jawaban mereka mengenai online shopping . Namun hasil analisa dari wawancara menunjukkan adanya pergeseran makna mengenai persepsi orang terhadap online shopping. Cara orang memaknai nilai praktis, hemat waktu, dan up to date yang seringkali digunakan untuk menggambarkan proses belanja online, tidak jauh beda dengan yang dilakukan ketika berbelanja di toko konvensional. Oleh karena itu, beberapa hal dalam online shopping yang pada awalnya dianggap berbeda nampak menjadi sama dengan proses yang dilakukan dalam belanja online. Pada dasarnya, online shop merupakan replika dari bentuk toko konvensional, sehingga hal tersebutlah yang membuat masyarakat dengan mudah menerima kehadiran cara belanja online. Perkembangan teknologi telah membawa dunia menuju budaya digital, di mana segala aktifitas manusia kini dapat diwakilkan melalui internet. Hal itu membawa masyarakat pada kebiasaan-kebiasaan baru yang mengandalkan mesin/alat guna mempermudah kegiatan sehari-hari mereka dan salah satu bentuk dari perkembangan teknologi tersebut yaitu dengan adanya sistem belanja online. Dengan kata lain melalui penelitian mengenai online shop ini, modernisasi tidak hanya ditunjukkan dengan adanya perubahan dari cara hidup masyarakat saja, melainkan modernisasi juga telah melahirkan banyak pilihan masyarakat dalam melakukan segala aktifitas maupun pola hidupnya diberbagai bidang. Kata kunci: Media, Internet, Online Shopping.
ABSTRACT The presence of the digital world in this era of modernization has affected the way people spend. Shopping now is not only done face to face, but it takes place on the internet. In contrast to conventional stores, online store customers can not see the goods being traded are "real". Because the interaction in an online transaction is in cyberspace, the traded goods are shown through pictures and text. This research is interest in seeing how the community is able to accept the presence of online shopping as an alternative, although shopping is limited to the internet? To answer these questions there will be in-depth interviews used in method in this study. There are 6 informants randomly selected to be interviewed using the criteria of whether or nor they have everdone online shopping. The findings in this research indicate that online shopping saves them time, money, and energy; visual appeared and image; and also social environment also affect they are discussion to shop online. But the results of the analysis of interviews indicate a shift in the meaning of the perception of people towards online shopping. The way people interpret the practical value, saving time, and up to date that is often used to describe the online shopping process, are not that much different from that carried out when shopping at conventional stores. Therefore, some things in online shopping which was initially considered to be different appears to be the same as the process undertaken in online shopping. Basically, the online shop is a replica of the shape of a conventional store, so this is exactly what makes people easily accept the presence of a way of shopping online. The development of technology has brought the world to the digital culture, in which all human activities can now be represented through the internet. It brings people to the new habits which rely on machine / tool in order to facilitate their daily activities and one of the forms of development of these technologies is a system of online shopping. In other words, the result of this research about online shop points out that modernization is not only about the changes in people's life styles, but it also offers people a wide variety of options in making their lives easier in a lot of aspects. Keywords: Media, Internet, Online shopping.
Kata Kunci : Media, Internet, Online Shopping