Laporkan Masalah

ANALISIS STRATEGI BERSAING XM GRAVITY DALAM INDUSTRI AGENSI PEMASARAN DIGITAL

PAULUS DERRY CHRISTIAN, Rangga Almahendra, Dr., S.T., M.M.

2015 | Tesis | S2 Manajemen

Industri agensi pemasaran digital sebagai salah satu sub sektor industri kreatif, saat ini mengalami pertumbuhan yang pesat. Media sosial semakin digemari masyarakat Indonesia, terbukti dengan peningkatan jumlah penggunanya dari tahun ke tahun. XM Gravity merupakan salah satu digital agency yang memberikan layanan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan-perusahaan akan digital marketing dan technology consulting services untuk dapat membangun hubungan dan pola komunikasi yang lebih interaktif antara brand yang dimiliki oleh perusahaan terhadap konsumen lewat digital media baik internet, mobile devices, dan digital media lainnya. Media sosial merupakan platform andalan agensi-agensi pemasaran digital. Meskipun daya tarik media sosial besar, persaingan antara digital agency cukup ketat. Persaingan bisnis ini juga semakin dirumitkan oleh kondisi industri yang sangat dinamis serta masa depan yang penuh tantangan dan ketidakpastian. XM Gravity perlu menganalisis faktor-faktor eksternal ini dan merumuskan strategi yang tepat melalui analisis five forces Porter, analisis fungsional, analisis Resources Based View (RBV), dan analisis VRIO. Melalui analisis Porter's driving forces, diketahui ancaman paling tinggi datang dari ancaman pendatang baru, penawaran pembeli, dan persaingan antar perusahaan dibandingkan faktor ancaman lainnya. Pendatang baru yang jumlahnya sangat banyak menyebabkan persaingan antar digital agency menjadi kuat. Sedangkan banyaknya peningkatan pengguna aktif media sosial menyebabkan pengaruh digital agency menjadi semakin tinggi. Strategi yang tepat untuk menghadapi ancaman tersebut adalah strategi diferensiasi. Strategi ini dijalankan melalui inovasi konsep maupun ide baru, proses produksi yang lebih baik dibanding agensi pemasaran digital lain, serta fokus membangun citra perusahaan dan ciri khas untuk meningkatkan nilai jual kepada konsumennya.

Digital marketing agency industry as one of the sub-sectors of the creative industries, is currently experiencing rapid growth. Social media increasingly popular among Indonesian society, as evidenced by the increase in the number of users over the years. XM Gravity is one of the digital agency that provides services to meet the needs of companies about digital marketing and technology consulting services to be able to build relationships and more interactive communication patterns between the brand owned by the company to the consumer via digital media either internet, mobile devices, and other digital media. Social media is a mainstay platform digital marketing agencies. Although great social media appeal, tough competition between digital agency. Business competition is also increasingly complicated by a dynamic industry conditions and the future are full of challenges and uncertainties. XM Gravity need to analyze these external factors and formulate appropriate strategies through Porter's five forces analysis, functional analysis, Resource Based View (RBV) analysis, and VRIO analysis. Through the analysis of Porter's driving forces, the highest known threat comes from the threat of new entrants, buyer deals, and competition between companies than other threat factors. A newcomer which amount is very much cause the competitions among digital agency be strong. While the increase in the number of active users of social media causing the effect of digital agency becomes higher. The appropriate strategy to deal with these threats is the differentiation strategy. This strategy is executed through innovative concepts and new ideas, the production process better than other digital agency, and focus on building the company's image and characteristic to increase the selling point to consumers.

Kata Kunci : Strategi bersaing, analisis Porter, analisis VRIO

  1. S2-2015-341886-abstract.pdf  
  2. S2-2015-341886-bibliography.pdf  
  3. S2-2015-341886-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2015-341886-title.pdf