Laporkan Masalah

PRODUK WISATA DAN ANALISIS KOMPONEN DAYA TARIK DESTINASI PANTAI PARAI TENGGIRI KOTA SUNGAILIAT BANGKA BELITUNG

KURNIA RACHMAWATI, Prof. Dr. Marsono, S.U. ; Widyarini Wirjono,S.E., M.M.

2015 | Skripsi | S1 PARIWISATA

Pantai Parai Tenggiri merupakan pantai yang berada di Kota Sungailiat Bangka Belitung, pantai ini memiliki potensi daya tarik wisata yaitu terlihat dari alam yang indah dan dikelola cukup baik oleh Parai Beach Resort & Spa. Penelitian ini membahas tentang produk wisata dan menganalisis komponen yang ada didalamnya bertujuan untuk mengetahui produk wisata yang tersedia dan mengidentifikasi komponen dari masing-masing produk wisata. Metode penelitian yang digunakan antara lain: observasi lapangan, studi pustaka, wawancara, penyebaran kuesioner kepada 100 orang responden dengan teori skala Guttman (pilihan jawaban menarik atau tidak menarik), serta analisis data dengan pendekatan 4A (Atraksi, Amenitas, Aksesibilitas, Ancillary).Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dengan melibatkan 100 responden, diperoleh hasil bahwa produk wisata di Pantai Parai Tenggiri memiliki daya tarik wisata. Responden lebih banyak memilih jawaban �menarik� pada setiap komponen produk wisata yang ada di pertanyaan kuesioner yang diberikan yaitu lebih dari 50% (>50%). Seperti komponen produk wisata antara lain: atraksi wisata alami yang dapat dinikmati seperti suasana alam pantai dengan bebatuan yang berjejeran, serta atraksi wisata buatan seperti mencoba bermacam-macam permainan olahraga air.Menikmati amenitas yang ditawarkan oleh Parai Beach resort & Spa,aksesibilitas yang mudah, dan pelayanan tambahan yang disediakan.

Parai Tenggiri beach is a beach located in Sungailiat city of Bangka Belitung, this beach has the potential of tourist attraction, it can be seen from the beautiful nature and well managed by Parai Beach Resort & Spa. This research discusses about the tourism product and analyzes the component which exists inside aiming to investigate the available tourism product and identify the component of each tourism product. The research method used is: field observation, literature review, interview, distribution of questionnaires to 100 respondents with the theory of Guttman scale (the choice of the answer is interesting or not interesting), also the data analysis with the approach of 4A (Atraction, Amenity, Accessibility, Ancillary). Based on the research that is done by involving 100 respondents, the result says that the tourism product in Parai Tenggiri beach has tourist attraction. The respondents do more in choosing the answer �interesting� in every component of the tourism product available in the questionnaires given; more than 50% (>50%). Like the tourism product component such as: natural tourist attraction that can be enjoyed like the atmosphere of the beach nature with rocks form a line, also artificial tourist attraction like a variety of water sport games. Enjoying the amenity offered by the Parai beach resort & Spa, easy accessibility, and additional services are provided.

Kata Kunci : Pantai Parai Tenggiri, produk wisata, daya tarik wisata, komponen, ancillary

  1. S1-2015-356688-bibliography.pdf  
  2. S1-2015-356688-title.pdf