Analisis Komponen Produk Pariwisata Sindu Kusuma Edupark di Kabupaten Sleman, Yogyakarta
UTAMI PUTRI RINANDA, Widyarini Wirjono, S.E., M.M.
2015 | Tugas Akhir | D3 KEPARIWISATAAN SVPerkembangan pariwisata di Indonesia khususnya di Yogyakarta saat ini sedang berada di fase yang tinggi. Hal ini ditandai dengan semakin menjamurnya tempat-tempat wisata yang tersebar di Yogyakarta. Sebagai kota yang berbudaya dan memiliki kekayaan dalam bidang seni, maka tidak salah jika Sindu Kusuma Edupark yang terletak di Kabupaten Sleman menciptakan sebuah daya tarik wisata buatan yang memadukan antara seni dan taman bermain. Atas dasar itulah penulis ingin menganalisis produk pariwisata yang ditawarkan oleh Sindu Kusuma Edupark. Tujuan lain penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja yang menjadi kelebihan dan kelemahan produk wisata yang ada di Sindu Kusuma Edupark. Penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif yang didapatkan dari hasil observasi, wawancara dan studi pustaka. Sindu Kusuma Edupark sebagai daya tarik wisata baru yang berada tidak jauh dari pusat kota membuat daya tarik wisata ini mudah dijangkau. Berbagai macam produk wisatanya pun berhasil menarik pengunjung untuk terus berdatangan. Meskipun pada awalnya masyarakat Yogyakarta menilai bahwa harga yang ditawarkan terlalu mahal, itu menjadi sebuah saran yang membangun sehingga pihak manajemen segera berinovasi menjadikan harga yang ditawarkan bisa dijangkau oleh seluruh kalangan masyarakat.
Nowadays, tourism development in Indonesia especially in Yogyakarta is in the high phase. It is because there are many tourism spots in Yogyakarta. As a cultural city which has many kinds of art, Sindu Kusuma Edupark, which is located in Sleman Regency, offering tourist attraction with combining art and playground as an artificial tourism spot. The research aims to identify strength and weakness of Sindu Kusuma Edupark products. The method used were descriptive qualitative and the data obtained from observation, interview and literature study. Sindu Kusuma Edupark as the new tourist attraction which is not far from the city makes this new tourism attraction is easy to be reached. A lot of tourism products in Sindu Kusuma Edupark are able to attract visitors to come. Even though in the beginning people in Yogyakarta assume that the price is too expensive, it has become the suggestion for Sindu Kusuma Edupark development, so that the management team can make the price offered to be more affordable for people in Yogyakarta.
Kata Kunci : produk wisata, daya tarik wisata, tourism product, tourist attraction