MANAJEMEN KLINIK DI LABORATORIUM KLINIK HEWAN JOGJA
NISA ARDIYATI, Dr. drh. Amelia Hana, M.P.,
2015 | Tugas Akhir | D3 KESEHATAN HEWAN SVKlinik hewan saat ini sangat dibutuhkan karena sebagai tempat usaha pelayanan jasa medik veteriner yang dijalankan oleh suatu manajemen dengan dipimpin oleh seorang dokter hewan penanggungjawab dan memiliki fasilitas untuk pengamatan dan pengobatan hewan yang menderita gangguan kesehatan tertentu. Laboratorium Klinik Hewan Jogja (LKHJ) yang berlokasi di Jl. Pamularsih No. 55 Condong Catur, Yogyakarta adalah salah satu tempat layanan untuk hewan kesayangan. Tujuan penulisan Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui dan mempelajari managemen Klinik di LKHJ. Materi yang dilakukan selama satu minggu, dari tanggal 9 -14 Maret 2015 adalah kegiatan yang dilakukan di LKHJ. Metode yang digunakan dalam adalah dengan observasi, wawancara dan diskusi dengan pemilik LKHJ, dokter, paramedis, dan staff di LKHJ dan praktik langsung. Disimpulkan, bahwa berdasarkan hasil observasi, wawancara dan praktik langsung dapat disimpulkan bahwa pelayanan di LKHJ sudah baik, fasilitas dan alat yang tersedia sudah lengkap dalam mendukung pelayanan yang diberikan kepada pasien, dan kontruksi bangunan sudah memenuhi persyaraetan sebagai bangunan pusat layanan kesehatan.
Veterinary clinic today is very necessary because as a veterinary medical services business that is run by a management company led by a veterinarian in charge and has the facilities for observation and treatment of animals suffering from certain health problems. Clinical Laboratory Animal Jogja (LKHJ) located at Jl. Pamularsih No. 55 Lean Chess, Yogyakarta is one of the services for pets. The purpose of writing this final project is to investigate and study the management clinic in LKHJ. The material is performed for one week, from June 9 to 14 March 2015 is the activities carried out in LKHJ. Is the method used in observation, interviews and discussions with the owner LKHJ, doctors, paramedics, and staff at LKHJ and direct practice. Concluded that based on the results of observation, interviews and direct practice it can be concluded that the services in LKHJ been good, and the facilities are complete tools available to support services provided to the patient, and the construction of buildings already meet persyaraetan as the building of health centers.
Kata Kunci : Laboratorium Klinik Hewan Jogja, pelayanan, ruangan klinik hewan.