STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA KABUPATEN SLEMAN ( Analisis Deskriptif Desa Wisata Di Kabupaten Sleman Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Periode 2010-2012)
HERVITA SARI, Prof. Nunung Prajarto,M.A.,Ph.D. ; Dr. Muhamad Sulhan, M.Si
2015 | Tesis | S2 Ilmu KomunikasiABSTRAK Penelitian ini berjudul Strategi Komunikasi Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman dalam meningkatkan kunjungan wisatawan ke desa wisata di Kabupaten Sleman periode 2010-2012. Latar belakang dari penelitian ini dilihat dari berkembangnya desa wisata yang ada di kabupaten Sleman namun tingkat kunjungan wisatawan ke Desa Wisata tersebut masih belum meningkat. Penelitian ini berusaha untuk melihat strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Data yang di peroleh dari wawancara dengan kepala bidang pemasaran Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman dan Kepala pengembangan destinasi Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman juga dengan melakukan observasi ke Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa rencana strategis yang dilakukan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman dalam memasarakan desa wisata di kabupaten Sleman dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke desa wisata yang ada di Kabupaten Sleman. Cara-cara pemasaran yang dilakukan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman dalam memasarkan desa wisata kabupaten Sleman dengan melakukan beberapa tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Disbudpar juga melakukan promosi dengan 2 cara yaitu periklanan dan publisitas. Kesimpulannya strategi pemasaran yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sleman sudah menunjukkan hasil meskipun belum maksimal. Dilihat dari meningkatnya kunjungan wisatawan yang berkunjung ke desa wisata di kabupaten sleman telah tercapai target yaitu peningkatan kunjungan wisatawan ke desa wisata.
ABSTRACT This research entitled The Communications Marketing Strategy of Sleman Culture and Tourism Department improving the tourists visiting to tourist village in Sleman district period 2010-2012.The research background is seen from good developing of tourist in Sleman but the level of tourists visiting tourist village still has not increased. This research trying to see strategy of marketing communications conducted by Department of Culture and Tourism for Sleman area.In collected data from the interviews with head of Marketing Tourism Department of Culture and Tourism for Sleman area and the head of Destination Tourism Development of Culture and Tourism Department for Sleman area also doing observation to the Department of Culture and Tourism for Sleman area. The results of this research showed that the strategic plans that conducted by the Department of Cultural and Tourism for Sleman area in marketing tourism village in Sleman area can increase of tourist visiting village in Sleman area. Marketing ways which doing by Department of Cultural and Tourism Sleman area in marketing tourist village sleman area by doing several steps in the planning process, the implementation to stage and the evaluation.Disbudpar also to promote by two ways that is advertising and publicity. The Conclusion is Marketing Strategy by Jakarta Department of Tourism and Cultural has been indicated Sleman although the resuld has not maximal result. Seen from the increasing visit tourist village in Sleman has reached the targets in increasing tourist isit to the village of tourism.
Kata Kunci : Kata Kunci : Disbudpar, Komunikasi Pemasaran, Pariwisata