ANALISIS PROSEDUR PENERIMAAN SPT MASA PAJAK PERTAMBAHAN NILAI (PPN) SECARA ELEKTRONIK (e-SPT) DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA BANTUL
DIAN EKA FITRIANI, Ihda Arifin Faiz, SE., M.Sc.
2015 | Tugas Akhir | D3 AKUNTANSI SVTujuan dalam penyusunan tugas akhir ini adalah untuk mengetahui penerapan penerimaan e-SPT Masa PPN di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Bantul, dengan membandingkan standar operasi yang berlaku serta untuk mengetahui kendala yang dialami oleh Kantor Pelayanan Pajak Bantul terkait penerapan e-SPT Masa PPN. Dalam penyusunan tugas akhir ini mengunakan metode penelitan deskriptif dengan pendekatan kualitatif, untuk memberikan gambaran secara objektif tentang keadaan yang sebenarnya dari objek yang diteliti. Berdasarkan dari hasil penelitian menunjukkan secara keseluruhan prosedur penerimaan SPT Masa PPN baik secara elektronik (e-SPT) maupun manual di Kantor Pelayanan Pajak Bantul telah dilakukan sesuai dengan SOP. Hal ini terbukti dengan kinerja pegawai Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bantul telah menjalankan tugasnya sesuai dengan SOP yang berlaku. Namun pihak KPP Pratama Bantul masih mengalami kendala terkait penerapan e-SPT Masa PPN, salah satunya adalah sistem yang terkadang mengalami offline saat petugas bagian TPT melakukan upload data pajak e-SPT Masa PPN. Hal tersebut tentu akan menghambat dalam proses pelaporan e-SPT Masa PPN.
The aim in this final task compiling is to know the application revenue e-SPT The period PPN at the Tax Service Office (KPP) Pratama in Bantul, by comparing standard operation obtain and to know obstacles that experienced by Tax Service Office in Bantul related implementation of e-SPT The Period PPN. In the preparation final task is using the descriptive study with qualitative approach, to give description objectively about the situation actually from the objects are examined. Based on the results of the study showed overall acceptance procedure SPT The period PPN either electronic (e-SPT) as well as manually at the Tax Service Office in Bantul has done in accordance with standard operating procedure (SOP). This has proven with the Employee performance Service of Tax Office Pratama Bantul which has to perform their tasks in accordance with SOP that applied. But the side KPP Pratama Bantul is still experiencing Bad related to The implementation of e-SPT period PPN, one of them is a system that sometimes, offline when the subdivision officers TPT doing tax data upload e-SPT The period PPN. This was, of course will hamper the reporting process e-SPT The period PPN.
Kata Kunci : penerimaan, e-SPT, PPN