Laporkan Masalah

ANALISIS PROMOSI GETUK GORENG ASLI H. TOHIRIN SEBAGAI PRODUK PENDUKUNG DAYA TARIK WISATA SOKARAJA

PRIYO ANANTO, Prof Dr. Marsono, S.U ; Ibu Widya Rini Wirjono, S.E.,M.M.

2015 | Skripsi | S1 PARIWISATA

Kota Sokaraja memiliki makanan khas daerah beberapa diantaranya yaitu Soto Sokaraja, Getuk Goreng, mendoan, kripik tempe, dan Nopia. Getuk Goreng ASLI H.Tohirin merupakan salah satu dari makanan khas yang sudah dikenal cukup luas oleh masyarakat luar daerah Banyumas. Potensi yang dimiliki oleh makanan khas Getuk Goreng sangat besar, para wisatawan pendatang yang mengunjungi kawasan Kota Sokaraja sering membeli Getuk Goreng untuk dijadikan oleh-oleh untuk saudara atau keluarga. Letaknya yang cukup srategis berada di sepanjang jalan raya Kota Sokaraja dan berjarak sekitar 9 km dari Kota Purwokerto membuat outlet Getuk Goreng ASLI H.Tohirin selalu ramai oleh pembeli. Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui solusi pengembangan promosi secara efektif sebagai upaya menjadikan Getuk Goreng ASLI H.Tohirin Sokaraja sebagai media daya tarik wisata di Kabupaten Banyumas. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif untuk mengetahui media promosi yang tepat dan efektif. Teori yang digunakan adalah bauran promosi yang dijabarkan dalam bentuk-bentuk promosi sebagai strategi dalam peningkatan penjualan. Penelitian ini membahas mengenai bagaimana upaya strategi peningkatan penjualan Getuk Goreng melalui pengembangan promosi yang efektif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Getuk Goreng ASLI H.Tohirin masih perlu melakukan peningkatan dari segi sumber daya manusia untuk mendukung aktifitas promosinya. Kata Kunci : Getuk Goreng, Daya Tarik Wisata, Promosi

Sokaraja has lots of very promising and interesting tourism potential; culinery is one of them. There are a lot of traditional food that can be found in Sokaraja such as Soto Sokaraja, Getuk Goreng, mendoan, kripik tempe, and Nopia. Getuk Goreng ASLI H.Tohirin is one that has been widely know even in other areas outside Banyumas. The potential that is possessed by this certin foof is masive; tourists who visit this area are often found buying getuk goreng as souvenirs for their family and friend in their hometown. The shop is strategically placed on the main highway of Sokaraja and only 9 kilometers away from the City Purwokerto. That it is why it is never quit of customers. The objective of writing this final project is to know the solution of effectively expanding promotion as an effort to make Getuk Goreng ASLI H. Tohirin Sokaraja as the media of tourism interest in Banyumas regency. The method of analyzing data that is used is deskriptive qualitatif in order to understand the exact and efectitive promotion media. The theory that is applied in the researchis �bauran� promotion that is explained in form of promotion as the strategy to increase seling strategy of Getuk Goreng is. The result of the research shows that Getuk Goreng ASLI H. Tohirin still needs to improve its human resourch to support its promosing aktivities. Key Word : Getuk Goreng, Tourism Interest, Promotion,

Kata Kunci : Getuk Goreng, Daya Tarik Wisata, Promosi