Laporkan Masalah

HUBUNGAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA PETUGAS REKAM MEDIS DI RUMAH SAKIT AL-IRSYAD SURABAYA

AYU ISNAINI, Dra. Rawi Miharti, MPH

2015 | Tugas Akhir | D3 REKAM MEDIS SV

Latar Belakang: Unit rekam medis adalah salah satu unit di rumah sakit yang berperan penting dalam penyediaan data dan informasi pasien terkait pelayanan kesehatan yang diterima oleh pasien. Kualitas data dan informasi kesehatan penting untuk diperhatikan, karena sebagai ukuran keberhasilan suatu rumah sakit dalam memberikan pelayanan kesehatan. Data dan informasi yang berkualitas diperoleh dari kinerja petugas rekam medis yang baik. Kinerja petugas rekam medis dipengaruhi oleh kepuasan kerja yang meliputi isi pekerjaan, pengawasan, promosi, gaji serta rekan kerja dan kondisi kerja. Di bagian pendaftaran pasien rawat jalan Rumah Sakit Al-Irsyad Surabaya masih terdapat petugas yang merasa sulit bekerjasama dengan rekan kerjanya ketika melaksanakan pekerjaan. Kondisi seperti ini mengakibatkan kurang maksimalnya pekerjaan yang dilakukan, sehingga akan mempengaruhi kepuasan dalam bekerja. Selain itu, adanya berkas rekam medis pasien rawat jalan yang tidak ditemukan juga menunjukkan bahwa petugas rekam medis kurang optimal dalam mengerjakan pekerjaannya. Ini artinya, petugas rekam medis kurang teliti dan terampil untuk menyelesaikan pekerjaan. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kepuasan kerja petugas rekam medis terhadap kinerja petugas rekam medis, mengetahui tingkat kepuasan kerja petugas rekam medis, mengetahui tingkat kinerja petugas rekam medis dan mengetahui indikator kepuasan kerja yang paling berhubungan dengan kinerja petugas rekam medis. Metode Penelitian: Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif serta rancangan cross-sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah semua petugas rekam medis di Rumah Sakit Al-Irsyad Surabaya yang berjumlah 15 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisa data menggunakan teknik analisis univariate dan teknik analisis bivariate yakni analisis Uji Korelasi Spearman Rank. Hasil Penelitian: Tingkat kepuasan kerja petugas rekam medis yang ditinjau dari pekerjaan itu sendiri, pengawasan, promosi, gaji serta rekan kerja dan kondisi kerja tergolong tinggi dengan persentase 60%. Tingkat kinerja petugas rekam medis yang ditinjau dari pengetahuan, keterampilan dan motivasi juga tergolong tinggi dengan persentase sebesar 66,7%. Hasil Uji Korelasi Spearman Rank menunjukkan adanya hubungan yang kuat antara kepuasan kerja dengan kinerja petugas rekam medis di Rumah Sakit Al-Irsyad Surabaya, hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,017 dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,604. Selain itu, indikator dari kepuasan kerja yang memiliki hubungan yang kuat dengan kinerja petugas adalah pekerjaan itu sendiri (p-Value=0,002) dan gaji (p-Value=0,012). Sedangkan, rekan kerja dan kondisi kerja (p-Value=0,025) memiliki kekuatan hubungan sedang dengan kinerja petugas rekam medis. Indikator pengawasan (p-Value=0,938) dan promosi (p-Value=0,880) tidak memiliki hubungan dengan kinerja karena nilai p-Value lebih dari 0,05.

Background: Medical records is one of the units at the hospital who was instrumental in providing data and information related to health care received by patients. The quality of data and health information is important to note, because as a measure of success of a hospital to provide health care. Quality of data and information obtained from medical recorder performance was good. Performance is influenced by the medical recorder�s job satisfaction which includes the contents of the work, supervision, promotion, salary and co-workers and working conditions. In the outpatient registration Al-Irsyad Hospital in Surabaya, there are officers who find it difficult to collaborate with co-workers when carrying out the work. These conditions resulted in work performed does not maximal, so that will affect job satisfaction. In addition, medical records which not found indicating that performance of medical recorder is not optimal. That means, the medical recorder job done less thorough and skillful. Objective: To identify the relationship of medical recorder's job satisfaction on the performance of medical recorder in Al-Irsyad Hospital, to identify the level of job satisfaction of medical recorder in Al-Irsyad Hospital, to identify the level of performance of medical recorder in Al-Irsyad Hospital and to identify the job satisfaction indicators most related to the performance of medical recorder in Al-Irsyad Hospital. Method: This type of research is a descriptive study with a quantitative approach and cross-sectional design. The sample in this study were all medical recorder at Al-Irsyad Hospital consisting of 15 people. The technique of collecting data using questionnaires. Data analysis techniques using univariate analysis techniques and the bivariate analysis techniques Spearman Rank Correlation analysis. Results: The level of medical recorder's job satisfaction who reviewed from content of work, supervision, promotion, salary and colleagues and working conditions, relatively high with a percentage of 60%. The level of medical recorder's performance who reviewed of the knowledge, skills and motivation are also relatively high with a percentage of 66,7%. Spearman Rank Correlation results indicate a strong correlation between job satisfaction and performance of medical recorder at Al-Irsyad Hospital Surabaya, as shown by the significant value of 0.017 and a correlation coefficient of 0.604. In addition, indicators of job satisfaction has a strong relationship with the medical recorder performance is content of work (p-Value = 0.002) and salary (p-Value = 0.012). Meanwhile, co-workers and working conditions (p-Value = 0.025) had a moderate strength relationship with the performance of medical recorder. Supervision indicators (p-Value = 0.938) and promotion (p-Value = 0.880) had no relationship with the performance because the value of the p-Values less than 0.05.

Kata Kunci : Kepuasan Kerja, Kinerja, Rekam Medis

  1. D3-2015-332197-abstract.pdf  
  2. D3-2015-332197-bibliography.pdf  
  3. D3-2015-332197-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2015-332197-title.pdf