ANALIS STRATEGI PT BIO FARMA (PERSERO) SEBAGAI PRODUSEN VAKSIN GLOBAL
DEDI SOPYAN, Drs. Saefuddien Hasan, MBA.
2015 | Tesis | S2 ManajemenPT. Bio Farma (Persero) perusahaan BUMN yang bisnis intinya (core business) memproduksi vaksin dan merupakan satu-satu nya produsen vaksin yang ada di Indonesia. Vaksin bukan merupakan consumer goods dan bukan barang komoditi yang dibutuhkan oleh setiap orang, namun sampai saat ini belum ada upaya lebih murah dan efektif untuk mencegah penyakit infeksi selain vaksin. Industri vaksin sangat dipengaruhi oleh perkembangan teknologi manufaktur, pertumbuhan pasar, regulasi, pertumbuhan permodalan, persaingan telah mendorong persaingan usaha yang semakin kompetitif di pasar global. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah strategi yang diterapkan oleh Bio Farma masih bisa digunakan dalam menghadapi persaingan di industri produsen vaksin, mengetahui ancaman, peluang, kekuatan, dan kelemahan yang dimiliki oleh Bio Farma dalam menghadapi persaingan global. Metode penelitian dilakukan melalui pendekatan studi kasus dengan metode analisis diskriptif dengan membandingkan strategi yang dilakukan saat ini dengan analisis visi dan misi perusahaan, analisis lingkungan eksternal dengan menggunakan analisis lingkungan bisnis umum dan analisis lingkungan industri dengan five forces Porter untuk mendapatkan ancaman dan peluang yang menjadi faktor kunci sukses, serta analisis lingkungan internal dengan analisis rantai nilai untuk mendapatkan kelemahan dan kekuatan yang menjadi keunggulan bersaing.. Berdasarkan analisis eksternal dan internal tersebut dilakukan analisis SWOT untuk mendapatkan matriks SWOT sebagai evaluasi strategi perusahaan. Atas analisa yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa: Berdasarkan analisis strategi tersebut, pilihan strategi Bio Farma eksisting sudah tepat atau sesuai dengan analisis strategi yakni dengan menerapkan strategi tumbuh (agresif) pada kuadran I dengan memperkokoh dan memperkuat kehadirannya di industri vaksin melalui peningkatan peran penelitian dan pengembangan untuk menghasilkan produk baru dan melakukan efisiensi dari segala bidang.
PT. Bio Farma (Persero) is a state-owned company whose core business manufactures vaccines and is the only one of its vaccine manufacturers in Indonesia. The vaccine is not a consumer goods and not a commodity item needed by everyone, but until now there is no cheaper and effective efforts to prevent infectious diseases in addition to the vaccine. Vaccine industry is strongly influenced by the development of manufacturing technology, market growth, regulation, capital growth; competition has driven competition in an increasingly competitive global market. The purpose of this study was to determine whether the strategy adopted by Bio Farma still be used in the face of competition in the industry producers of vaccines , knowing threats, opportunities, strengths, and weaknesses are owned by Bio Farma in the face of global competition . The method of research is done through a case study approach with descriptive analysis method by comparing the current strategy undertaken with the analysis of the company 's vision and mission , the external environment analysis using the analysis of the general business environment and industry environment analysis with Porter's five forces to gain the threats and opportunities that become a factor the key to success , as well as internal environmental analysis with the analysis of the value chain to gain the weaknesses and strengths into competitive advantage. Based on the analysis of the external and internal factors, then analyze SWOT to obtain SWOT matrix in order to evaluate business strategy. The above analysis has been conducted, it is concluded that: Based on the analysis of such strategies, existing strategy formulation of Bio Farma already is in accordance with the analysis of the strategy by implementing growth strategies (aggressive strategy) in 1st quadrant with secure and strengthen its presence in the vaccine industry through increased research role and development to produce new products and efficiency of all areas.
Kata Kunci : Strategic management, vaccine, biotechnology, and life sciences Industries, SWOT Analysis