PENGUKURAN TINGKAT PENERIMAAN MASYARAKAT PROVINSI JAWA TIMUR TERHADAP LAYANAN e-SAMSAT JATIM DENGAN MODIFIKASI METODE TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL dan THEORY of PLANNED BEHAVIOR
DIMAS MAHENDRA K, Dr. Wing Wahyu Winarno, MAFIS, CA, Ak. ; Dani Adhipta, S.Si., M.T.
2015 | Tesis | S2 Teknik ElektroPenerapan e-Government di pemerintahan diberbagai daerah di Indonesia saat ini sedang masif dilakukan oleh para pimpinan daerah. Jawa Timur adalah sebagai salah satu provinsi di Indonesia yang berkomitmen untuk menerapkan e-Government berupa layanan publik dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) atau e-service. e-SAMSAT Jatim merupakan salah satu dari banyak produk e-service yang diterapkan oleh Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Timur (Pemda Prov Jatim). e-SAMSAT Jatim sendiri adalah sebuah layanan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) tahunan bersifat online, yang memberikan kemudahan Wajib Pajak (WP) di Provinsi Jawa Timur (Jatim) dalam hal pembayaran PKB. Namun sejak tahun 2011 sampai dengan tahun 2014, masih minimnya masyarakat Jatim yang menggunakan e-SAMSAT Jatim sebagai layanan pembayaran PKB. Penelitian ini akan melakukan evaluasi terhadap e-SAMSAT Jatim dalam sudut pandang penerimaan masyarakat Jatim sebagai pengguna. Penelitian ini menggunakan penggabungan metode Technology Acceptance Model (TAM) dan Theory Planned Behavior (TPB) yang telah dimodifikasi dengan menambahkan variabel Trust dan Computer Self-Efficacy. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan SEM-PLS, dan menggunakan software SmartPLS. Penelitian ini dilakukan di kantor Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Timur (Dispenda Prov Jatim), Kantor Unit Pelayanan Teknik Daerah (UPTD) Surabaya Selatan, dan kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) yang tersebar di Kota Surabaya. Hasil secara umum tingkat penerimaan Layanan e-SAMSAT Jatim telah diterima dengan Baik oleh Masyarakat pengguna di Provinsi Jawa Timur. Fungsi dan Manfaat dari e-SAMSAT Jatim yang dirasakan masyarakat pengguna mampu meningkatkan keinginan untuk tetap menggunkannya dalam hal pembayaran PKB.
Implementation of e-Government in the governments in various regions in Indonesia is carried out massively by local leaders. East Java is one of the provinces in Indonesia that is committed to implementing e-Government in the form of public service by utilizing Information and Communication Technology (ICT) or e-service. E-SAMSAT Jatim is one of the many e-services products that are applied by the Provincial Government of East Java. E-SAMSAT Jatim itself is a service payment of vehicle tax (VT) is an annual online, which provides ease of Tax payer (TP) in the province of East Java in the case of VT payment. However, since 2011 until 2014, they still lack the East Java citizen that uses e-SAMSAT Jatim as VT payment services. This research will evaluate the e-SAMSAT Jatim in the East Java citizen point of view as user acceptance. This research uses the Technology Acceptance Model (TAM) and the Theory of Planned Behavior (TPB) method which has been modified by adding a variable Trust and Computer Self-Efficacy. Methods of data analysis in this research using SEM-PLS, and using software SmartPLS. This research was conducted at Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Timur (Dispenda Prov Jatim) office, Unit Pelayanan Teknik Daerah (UPTD) South of Surabaya office, and Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) office spread in the city of Surabaya. The results of the general level of acceptance of e-SAMSAT Jatim Services has been well accepted by the user citizen in the province of East Java. Functions and Benefits of e-SAMSAT Jatim perceived user citizen is able to increase the desire to remain use in payment of VT.
Kata Kunci : e-Government, e-service, e-SAMSAT Jatim, TAM, TPB.